Ciri Rumah yang Dibenci dan Disukai Malaikat

Apa ciri-ciri rumah yang dibenci malaikat atau tidak disukai? Apa pula kriteria rumah yang disukai malaikat rahmat? Berikut adalah ulasannya yang dihimpun oleh IslamCendekia.Com. Dalam ajaran syariat Islam, malaikat mengunjungi beberapa tempat yang menjadi kesukaannya, termasuk rumah seseorang. Meski demikian, ada sejumlah tempat yang dibenci atau tidak disukai malaikat. Kriteria dan ciri-cirinya sebagai berikut:

Ciri Rumah yang Dibenci dan Disukai Malaikat
Ilustrasi rumah berpatung yang tidak sukai malaikat. Foto: Lismanto

Ada anjing
Di mana ada anjing, di situ malaikat enggan untuk mendatanginya. Namun, jika anjing oleh pemiliknya digunakan untuk penjagaan, pertanian, atau berburu, hal ini bukan menjadi persoalan.

Terdapat patung
Semua rumah yang terdapat patung di dalamnya maka tidak akan didatangi malaikat, terutama patung yang memiliki kepala, baik manusia maupun hewan.

Berbau busuk
Rumah yang berbau busuk, maka ia tidak akan didatangi malaikat, tetapi malah setan. Oleh karena itu, apabila kita punya rumah, sebaiknya setiap hari dibersihkan dengan wewangian, misalnya pengharum ruangan, pembersih lantai, dan buang segera mungkin apabila ada bangkai di dalam rumah, misalnya bangkai tikus atua kecoa.

Senjata
Yang dimaksud senjata di sini adalah bukan menyimpan senjata, tetapi senjata yang digunakan untuk menodong atau mengancam sesama muslim di rumahnya tersebut, maka malaikat tidak akan mendatangi rumah itu.

Rumah yang disukai malaikat rahmat
Suatu ketika, malaikat Jibril berjanji akan datang ke rumah Rasulullah Muhammad Saw. Sesampainya di rumah, Jibril enggan masuk ke rumah Rasulullah. Menurutmu, apa sebabnya? Itu kan rumah Nabi? Kenapa malaikat tidak mau masuk?

Ya, saat itu ada seeokor anjing yang berada di bawah tempat tidur. Selain itu, malaikat rahmat tidak akan datang atau mendampingi seseorang yang berteman atau memelihara anjing.

Dari penjelasan tersebut, bisa disimpulkan bahwa ciri-ciri rumah yang disenangi malaikat rahmat adalah tidak ada anjing, berbau wangi atau tidak berbau menyengat, tidak ada patung terutama yang ada kepalanya, dan tidak berlangsung kekerasan di mana rumah tersebut pernah terjadi peristiwa pengacungan senjata kepada sesama saudaranya yang muslim.

Semua penjelasan di atas disandarkan pada dalil yang bersumber dari hadis shahih diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Bukhari, Tirmidzy, dan Muslim. Hadis-hadis tersebut juga menyatakan bahwa malaikat rahmat tidak akan masuk rumah jika rumah tersebut terdapat anjing. Sementara itu, pahala orang yang memelihara anjing akan berkurang.

Berikut dalil yang menjelaskan tentang rumah-rumah yang dibenci atau disukai malaikat rahmat. Rasulullah Muhammad Saw bersabda:

Malaikat tak akan masuk rumah, apabila di dalamnya ada anjing, juga ada gambar atau patung." (HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasa'i dan Ibnu Majah)
Barang siapa melakukan ancaman kepada saudaranya (baca: umat muslim) dengan benda besi (misalnya pisau, celurit dan senjata tajam lainnya), maka orang tersebut mendapatkan laknat dari malaikat, meski orang itu saudara kandungnya sendiri. (Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim)
Barang siapa memakan makanan yang tidak sedap, maka janganlah ia dekat dengan masjid karena sesungguhnya malaikat terganggu melebihi terganggunya apa-apa yang mengganggu manusia. (HR Bukhari dan Muslim)

Dari Aisyah ra, Rasulullah Saw telah melakukan perjanjian bahwa malaikat Jibril akan datang ke rumah beliau. Pada saat yang dinantikan tiba, ternyata Jibril tidak kunjung datang. Seketika Rasul melepas tongkatnya dan berbicara: "Allah tidak mungkin ingkar janji, tapi kenapa Jibril belum datang?"

Saat itu juga, Nabi Muhammad menoleh dan ternyata ada anak anjing yang ada di bawah tempat tidurnya. "Kapan ada anjing yang masuk?" tanya Rasul. Setelah anjing tersebut berhasil dikeluarkan, maka malaikat Jibril kemudian datang dan masuk ke rumah Rasul.

"Kenapa kamu datang terlambat, wahai Jibril? Tanya Rasul. "Oh, itu dikarenakan rumahmu ada anjing. Kami (baca: para malaikat) tidak akan masuk rumah yang di dalamnya ada anjing dan gambar (termasuk patung)."

Demikian ulasan dan pembahasan mengenai kriteria dan ciri-ciri rumah-rumah yang dibenci atau tidak sukai dan disenangi malaikat. Semoga bermanfaat. (IslamCendekia.Com/ Teks & foto: Lismanto)

Baca pembahasan menarik lainnya: Inilah 10 Fakta Mengenai Jembatan Penghubung Surga-Neraka Sirotol Mustaqim

0 Response to "Ciri Rumah yang Dibenci dan Disukai Malaikat"

Post a Comment