Didaktik Metodik Senior Course Himpunan Mahasiswa Islam Harus Direvolusi



Semarang, IslamCendekia.com – Didaktik Metodik Senior Course Himpunan Mahasiswa Islam Harus Direvolusi. Demikian inti materi yang disampaikan Hamidulloh Ibda saat memberi materi Didaktik Metodik, Senin (8/12/2014). Menurut mantan Direktur Utama Lembaga Pers Mahasiswa (LAPMI) Cabang Semarang itu, istilah Didaktik Metodik sudah jadul dan harus direvolusi. “Istilah Didaktik  Metodik itu sudah jadul, yang cocok sebenarnya adalah Metodologi Pembelajaran,” paparnya di hadapan puluhan peserta Senior Course Tingkat Nasional tersebut.

Sebelum menjadi guru maupun instruktur, katanya, kita harus memahami paradigma didik dan paradigm ajar. “Paradigma didik itu terdiri dari ilmu pendidikan, filsafat ilmu, filsafat manusia, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, strategi dan inovasi pendidikan, asesmen, manajemen pendidikan dan sebagainya,” ujar mantan Wasekum BPL HMI Cabang Semarang itu.

Selain itu, kata Ibda, instruktur juga harus paham tentang paradigma ajar. “Di dalamnya, ada pendekatan, model, strategi, metode, kiat dan teknik pembelajaran,” paparnya. Semua itu, lanjut Dia, harus dimiliki semua guru maupun pendidikan. “Hal pertama bagi guru, mentor, pelatih, instruktur, harus memahami pengetahuan atau paradigma paratekenis, yaitu pengetahuan siap untuk menjadi pendidik,” ujar mahasiswa Pascasarjana Unnes itu.

Materi Didaktik Metodik menurut Ibda sebenarnya sangat luas. “Guru dan pendidik itu dilarang mengajar, karena kalau mengajar itu satu arah dan yang aktif cuma gurunya. Maka yang benar adalah membelajarkan atau membuat peserta didik belajar,” katanya.

Sebagai pemerhati pendidikan, Ibda juga mendekonstruksi istilah pendidikan, pengajaran, pembelajaran, tarbiyah, guru, dan peserta didik. “Kalau mau jadi pendidik yang baik, kita harus revolusioner dan dilarang biasa-biasa saja,” tutur penulis buku Siapkah Saya Menjadi Guru SD Revolusioner itu. Dia juga berharap, Senior Course menjadi lahan lahirnya pendidik-pendidik handal yang dimulai dari Himpunan Mahasiswa Islam. (IC/Foto: Islamcendekia.com).

0 Response to "Didaktik Metodik Senior Course Himpunan Mahasiswa Islam Harus Direvolusi"

Post a Comment