Inilah Alasan Mengapa Laki-laki Rentan Terkena AIDS



Sekaran, Islamcendekia.com  - Dalam agenda Peningkatan Kepedulian Sosial Provinsi Jawa Tengah 2014 yang dirangkai dengan Talkshow tentang HIV dan AIDS di Gedung E2 Fakultas Teknik Unnnes, Selasa (2/12/2014), Ferry Adjie pemateri dari Komisi Penanggulangan AIDS Jawa Tengah mengatakan laki-laki sangat rentan terkena AIDS.

Dalam penyampaian materi, Ferry menjelaskan inilah alasan mengapa Laki-laki Rentan Terkena AIDS. Ya, menurut Ferry, laki-laki justru lebih rentan dan mudah menularkan HIV.

Mengapa demikian? Dulu, katanya, tahun 2006 HIV lebih rentan menular lewat narkoba suntik. “Namun untuk tahun ini, sudah tidak, karena pemakai narkoba sudah memakai oral, isap,” ujarnya pemuda berumur 27 tahun tersebut.

Ferry juga mengatakan bahwa laki-laki rentan terkena AIDS karena sering terlambat berobat. “Kalau laki-laki terkena flu, misalnya, pasti menggampangkan dan cuek, berbeda dengan perempuan yang lebih peduli dengan kesehatannya,” papar Dia.

Selain itu, faktor lain yang menyebabkan laki-laki rentan terkena AIDS adalah karena malas diajak berobat. “Penula HIV dan AIDS paling banyak adalah laki-laki, maka Anda kalau laki-laki harus berhati-hati dan jangan malas berobat dan deteksi dini,” jelasnya.

Kalau perlu, katanya, setelah acara ini nanti kita tes AIDS bersama-sama. “HIV dan AIDS sudah di sekitar kita. Tidak pandang bulu. Jika dulu penderitanya lebih pada PSK, WTS dan orang yang suka berhubungan intim tanpa aturan, tapi sekarang semua orang bisa terkena AIDS,” pungkasnya di hadapan ratusan peserta.

Dalam makalahnya, Ferry juga menjelaskan Epidemi HIV: Perkembangan prevalensi HIV (%) pada populasi kunci, 2007-2011 menyatakan pria listi-LBT pada 2007 hanya 0,1 sedangkan 2011 meningkat 0,7. Ini membuktikan bahwa laki-laki sangat rentan terkena HIV.  (IC/HI/Foto: islamcendekia.com).

0 Response to "Inilah Alasan Mengapa Laki-laki Rentan Terkena AIDS"

Post a Comment