Pengertian Bisnis dalam Ajaran Syariah Islam dan Umum

Pengertian Bisnis dalam Ajaran Syariah Islam dan Umum
Pengertian bisnis dalam ajaran syariah Islam dan umum ini digunakan untuk melakukan perbandingan apa perbedaan arti bisnis Islam dan bisnis secara umum?

Dengan demikian, kita bisa mengetahui konsep bisnis mana yang bagus untuk diterapkan dalam membangun sebuah usaha. Pun, definisi bisnis Islam ini bisa dijadikan sebagai referensi untuk membuat makalah ekonomi Islam.

Definisi bisnis secara umum
Bisnis di dalam setiap macam bentuknya bisa terjadi di mana saja dan kapan saja dalam kehidupan manusia setiap hari. Bahkan hampir setiap aktivitas kita bisa dikaitkan dengan bisnis, mulai dari tidur hingga bangun. Makanan, minuman, pakaian, sepeda, mobil, serta segala kebutuhan rumah tangga sebetulnya merupakan produk yang dihasilkan melalui proses produksi, distribusi, jual, dan beli. Inilah yang dinamakan aktivitas ekonomi atau bisnis.

Uang yang dibelikan berbagai macam produk tersebut juga berasal dari bekerjanya suatu bisnis. Dalam kamus Bahasa Indonesia, bisnis diartikan sebagai usaha dagang, komersial di dunia perdagangan, dan bidang usaha.  Dalam zaman modern sekarang ini dunia bisnis mengalami perkembangan dan bersifat kompleks, dan perlu waktu yang cukup relative lama bagi mereka yang ingin mempelajarinya serta mempraktekanya sampai berhasil.

Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa definisi pengertian bisnis adalah suatu lembaga yang menghasilkan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat, mencari profit, dan mencoba memuaskan keinginan para konsumen. Secara umum ada 4 input yang selalu digunakan oleh seluruh pelaku bisnis adalah sumber daya manusia, sumber daya alam, modal, entrepreneurship atau yang dikenal dengan bisnis.

Selain itu, di dalam dunia bisnis paling tidak ada 6 pokok aktivitas yang digarap oleh sebuah entitas bisnis, antara lain menciptakan/memproduksi suatu barang dan jasa, kemudian memasarkan produk kepada konsumen, membuat dan mempertanggungjawabkan transaksi keuangan, merekrut, mempekerjakan, melatih, dan mengevaluasi karyawan, memperoleh dan mengelola dana, serta memproses sistem informasi.

Dari segala keterangan di atas bisa menggambarkan pengertian bisnis secara umum. Coba lihat apa perbedaan konsep bisnis secara umum dengan bisnis dalam ajaran syariah Islam.

Pengertian bisnis syariah Islam
Agama Islam sangatlah menganjurkan setiap umat untuk selalu bekerja. Tidak ada satu kata pun yang menyebut bahwa orang Islam yang beriman itu disarankan untuk menjadi pengangguran karena hal tersebut merupakan perilaku syaitan. Begitu pentingya perilaku yang menjunjung tinggi etos kerja agar manusia selalu bekerja, bekerja, dan bekerja, Rasululllah Muhammad SAW bersabda di dalam dalam suatu haris yang artinya bahwa bekerja mencari rejeki yang halal merupakan kewajiban, setelah kewajiban ibadah. (HR. Ath Thabrani dan Baihaqi).

Hadis ini kemudian diperkuat dengan firman Allah dalam surah al-A’raff ayat 10:
ولقدمكنكمفىالارضوجعلنالكمفيهامعابشقليلاماتشكرون (١٠)
Artinya: “Sesungguhnya, Kami menempatkan kalian sekalian di muka bumi dan Kami memberikan kalian di bumi itu (sumber) penghidupan."
Al Quran di atas sudah sangat jelas dan gamblang meminta kepada manusia untuk bekerja mencari sumber penghidupan yang sudah disediakan oleh Allah Swt. Al Quran di atas kemudian dipertegas dalam hadis agar dalam mencari sumber rejeki haruslah dengan jalan yang halal karena mencari rezeki halal adalah wajib hukumnya.

Dari sini, bisa disimpulkan bahwa definisi pengertian bisnis syariah Islam adalah segala bentuk bisnis dengan dibatasi oleh cara mendapatkan dan memberdayakan harta agar selalu halal dan menolak hal-hal yang bersifat haram. Yusanto dan Wijayakusuma (2002) mendefisinikan lebih khusus tentang bisnis islami merupakan aktivitas bisnis-ekonomi dengan berbagai bentuk yang tidak ada batasan dalam hal kepemilikan harta baik itu jasa maupun barang, namun dibatasi dalam hal cara memperoleh dan pendayagunaan harta lantaran aturan haram dan halal menurut Islam.

Demikian perbedaan pengertian bisnis dalam perspektif/pandangan Islam dan umum yang bisa dijadikan sebagai acuan dalam membuat makalah ekonomi bisnis Islam lengkap. Semoga bisa memberikan  manfaat yang nyata, sebelum benar-benar mengimplementasikan konsep bisnis syariah dalam kehidupan sehari-hari. (Lismanto/IslamCendekia.Com)

0 Response to "Pengertian Bisnis dalam Ajaran Syariah Islam dan Umum"

Post a Comment