Pengertian Definisi Harta dalam Bisnis Islam

Pengertian Definisi Harta dalam Bisnis Islam
Pengertian definisi harta dalam bisnis Islam secara bahasa disebut sebagai al mal dengan kata jamaknya adalah al amwal.

Dalam kehidupan sehari-hari sebagai manusia di dunia ini, harta atau mal dikategorikan sebagai unsur kebutuhan primer. Dalam hukum Islam, harta masuk dalam kategori hifdun mal (daruriyah).

Kenapa demikian? Sebab dengan adanya kekayaan berupa harta manusia bisa mencukupi segala kebutuhan sehari-harinya dan juga berawal dari harta bisa jadi amal dan ibadah menjadi lebih baik dan benar.

Pengertian harta menurut Islam
Dalam istilah syar'i (syariat Islam), definisi pengertian harta adalah segala sesuatu yang bisa dimanfaatkan dalam perkara legal menurut hukum syara' atau syariat Islam, misalnya hibah (pemberian), ekonomi-bisnis, pinjaman serta konsumsi.

Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan barang dan jasa yang digunakan manusia di dunia ini bisa diartikan sebagai harta. Lalu, apa jenis-jenis harta? Apa saja yang disebut sebagai harta? Uang, tanah, rumah, perhiasan, kendaraan, hewan piaraan, perabotan, hasil kebun, pakaian, hingga keluarga dan orang tua adalah termasuk dalam al amwal atau harta kekayaan.

Demikian artikel seputar pengertian dan definisi harta menurut Islam yang bisa digunakan untuk membuat makalah ekonomi bisnis Islam lengkap di IAIN, STAIN, UIN dan berbagai perguruan tinggi agama Islam swasta lainnya di Indonesia, di Malaysia juga boleh sebab masih menggunakan bahasa Melayu yang hampir sama. (Lismanto/IslamCendekia.Com)

0 Response to "Pengertian Definisi Harta dalam Bisnis Islam"

Post a Comment