KH Said Aqil Siraj: Islam Boleh Mengucapkan Selamat Natal

KH Said Aqil Siraj: Islam Boleh Mengucapkan Selamat Natal
JAKARTA, IslamCendekia.Com - Dalam kehidupan beragama di Indonesia, banyak sekali muncul pertanyaan di benak umat muslim terkait dengan sebuah pertanyaan: apakah Islam boleh mengucapkan selamat natal? Cara orang Islam mengucapkan natal bagaimana? Hukumnya orang Islam mengucapkan natal?

Untuk menjawab berbagai pertanyaan ini, ada satu tokoh yang membolehkan seorang muslim mengucapkan selamat natal kepada umat kristen, yaitu Prof Dr KH Said Aqil Siroj, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU). Menurutnya, hukum orang Islam mengucapkan selamat natal itu boleh, selama ia tidak ikut dalam ritual gereja sebagaimana dilakukan umat Kristiani.

KH Aqil Siradj juga menyatakan bahwa natal merupakan hari kelahiran Nabi Isa as sebagaimana diyakini sebagai Yesus dalam istilah Kristen. Nah, selama umat Islam mengucapkan hari natal dan meyakini bahwa hari itu adalah kelahiran Isa sebagai nabi, bukan putra Allah, itu dibenarkan dalam Islam.

Menurutnya, demi menjaga kerukunan umat beragama di Indonesia, ucapan natal dari seorang muslim kepada kristiani itu boleh saja. "Saya juga selalu mengucapkan natal kepada tetangga saya yang beragama Kristen dan Katolik. Yang dilarang itu ritualnya, kalau ucapan selamat saja, menurutku itu tidak salah," katanya.

Ia menambahkan bahwa kalau upaya menjaga dan memperkuat tali persaudaraan sebatas pada ukhuwah islamiyah saja tanpa menghargai keberadaan agama lain, maka umat Islam akan menjadi ekstrem, tertutup, serta eksklusif. Atau justru bisa menjadi radikal. "Saya berharap agar Ukhuwah Islamiah bisa dibangun dengan ukhuwah watoniah," harapnya. (ic/Lisman)

1 Response to "KH Said Aqil Siraj: Islam Boleh Mengucapkan Selamat Natal"

  1. Ini fatwa yg sangat ngawur dan menyesatkan.25 Desember itu bukan hari lahirnya Isa AS,tapi hari Dewa matahari yg di adaptasi oleh kaisar romawi agar warganya ikut menganut nasrani roma.

    ReplyDelete