Wisata Religi di Makam Kadilangu Sunan Kalijaga Demak

DEMAK, IslamCendekia.Com - Wisata religi di malam Kadilangu Sunan Kalijaga Demak memberikan kesan tersendiri bagi pengunjungnya. Pasalnya, hampir setiap waktu, baik pagi, siang, dan malam, suasana kompleks makam Kadilangu dibanjiri pengunjung dari berbagai kota seluruh Indonesia yang berziarah.

Oleh karena itu, tim jalan-jalan wisata IslamCendekia.Com menggelar tour wisata di kompleks makam Kadilangu dengan mengajak Habib Ulin Ni'am (27), warga Trengguli, Demak, yang rumahnya tak jauh dari kompleks malam Kadilangu.

Wisata Religi di Makam Kadilangu Sunan Kalijaga Demak
Ada apa saja di makam Kadilangu?
Di kompleks makam ini terdapat sejumlah tokoh penting di era kepemimpinan Walisongo di tanah Jawa. Salah satu yang paling sering dikunjungi adalah makam Kanjeng Sunan Kalijaga.

Selain itu, ada juga makam Pangeran Arya Penangsang yang dikenal kisah dan legendanya sebagai tokoh sakti mandraguna yang hampir tidak ada yang bisa menandinginya.

Meski pada akhirnya bisa ditumpas oleh Sultan Hadiwijaya (Joko Tingkir) melalui empat orang pilihan yang menjadi suruhannya, yaitu Ki Ageng Pemanahan (peletak dasar Kerajaan Mataram melalui Panembahan Senopati), Ki Ageng Penjawi (menurunkan pembesar Pati seperti Wasis Joyokusumo atau dikenal Raden Pragola), Ki Juru Martani, dan Danang Sutawijaya (kemudian mengalahkan Joko Tingkir sendiri dan dikenal dengan sebutan Panembahan Senopati).

Keturunan Kanjeng Sunan Kalijaga juga dimakamkan di kompleks ini. Dan, beberapa di antaranya pembesar dan tokoh-tokoh yang hidup sekitar era 1900 an juga ada yang dimakamkan di sini.

Di makam ini, roda perekonomian terus berputar sepanjang waktu. Bagaimana tidak? Setiap hari peziarah datang dari berbagai penjuru kota dan transaksi ekonomi berlangsung, mulai dari pernak-pernik cinderamata, oleh-oleh makanan ringan, kuliner, parkir, jasa penitipan sandal, jualan foto, buku, dan masih banyak lagi lainnya. Sontak, kompleks makam Kadilangu menjadi salah satu pemasok pendapatan ekonomi daerah Kabupaten Demak.

Beberapa peninggalan dari Kanjeng Sunan Kalijaga, antara lain batu yang dulu dijadikan sebagai tempat untuk bersemedi dan bertafakur kepada Allah Swt dan ada juga gentong yang saat ini dimanfaatkan pengelola makam untuk diisi air kemudian dibagikan secara gratis kepada setiap pengunjung. Di sana, disediakan tempat amal jika pengunjung ingin memberikan infaq shadaqah.

Tak jauh dari sini, kita bisa beralih ke sekitar kompleks makam raja-raja Demak dan keturunannya yang ada di sekitar masjid Agung Demak. Di sana, kita bisa menemukan makam Raden Patah (tokoh pendiri kerajaan Islam awal di Demak) dan sejumlah keturunannya. Bagaimana? Menarik bukan? Yaps, wisata religi di Demak menjadi pengalaman tersendiri yang tak terlupakan. (ic/Lisman)

Untuk informasi objek wisata di Demak lainnya, baca di bawah ini:

0 Response to "Wisata Religi di Makam Kadilangu Sunan Kalijaga Demak"

Post a Comment