Misteri Sejarah Keris Setan Kober Terbongkar

Keris Kiai Brongot Setan Kober. Demikian pusaka andalan pangeran Arya Penangsang yang awalnya dimiliki Jaffar Sodiq atau Sunan Kudus.

Pusaka tersebut dinilai menyimpan misteri, karena sejarah keris setan kober terputus sepeninggal Aryo Penangsang. Dalam Babad Tanah Jawi juga tidak menyinggungnya, usai peristiwa tersebut.

Teks-teks sejarah juga tidak ada yang menuliskan keberadaan pusaka keris brongot setan kober yang dikenal milik Sunan Kudus, usai cerita Danang Sutawijaya Vs Arya Penangsang habis diceritakan Babad Tanah Jawa.

Misteri Sejarah Keris Setan Kober Terbongkar
Meriam koleksi Musem Jawa Tengah Ronggowarsito.
Untuk menelusuri dan membongkar jejak misteri sejarah keris setan kober, redaksi Islamcendekia.com mencoba untuk wawancara dengan pegiat sejarah asal Pati, yaitu Joko Wahyono dan Asip Kusuma Admaja.

Joko mengatakan, keris setan kober itu bahasa kiasan atau dalam bahasa Jawa adalah pasemon. Artinya, bentuk asli secara harfiah tidak ada. Bahasa "brongot setan kober" adalah kiasan belaka atau bermakna konotatif.

BACA Juga: Ini 10 Obyek Wisata Religi Spiritual di Pati Paling Fenomenal

"Brongot itu diambil dari bahasa Jawa yang artinya menyulut api. Dalam naskah era Majapahit, sebelum Demak, istilah setan kober sebetulnya sudah disinggung dengan bahasa yang hampir sama," ujar Joko kepada Islamcendekia.com.

Menurut pemahamannya, pusaka setan kober yang asli adalah meriam (bedel atau senjata api) di mana cara menyalakannya dengan disulut api atau dalam bahasa Jawa "dibrongot". Waktu itu, era Majapahit juga sudah mengenal senjata berupa meriam, sehingga wajar ketika dijumpai di era Kasultanan Demak Bintoro.

Ada juga yang menyebut senjata tersebut dengan istilah "kalantaka". Lantas, empu atau yang membuat keris itu bernama "Mbahreng" sehingga saat ini menjadi suatu daerah dukuh/desa Bareng, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Itulah kenapa banyak yang bertanya: Keberadaan keris setan kober asli sekarang di mana? Cerita, kisah, mitos, tutur, dan sejarahnya berhenti sampai pada pertempuran Sutowijoyo dengan Aryo Penangsang saja? Selebihnya tidak ada?

"Masak Sunan Kudus itu wali yang merupakan tokoh ulama Islam besar, kok memakai senjata pusaka bernama setan? Masuk akal atau tidak? Ini jelas pemahaman yang keliru," imbuh Joko.

Sementara itu, Asip mengatakan, sejarah pusaka kiai brongot setan kober itu yang menuliskan memang leluhur yang kemudian menggunakan bahasa kiasan, bukan makna aslinya. Sebagai generasi leluhur, ia berpesan agar peka terhadap kode-kode sejarah yang tersimpan dalam simbol-simbol teks dengan cara yang ilmiah dan masuk akal.

SIMAK: Ini Tempat Wisata Malam di Demak Paling Sering Dikunjungi

1 Response to "Misteri Sejarah Keris Setan Kober Terbongkar"

  1. Bukanya dulu keris setan kober berada di pemalang? Setelah saya membaca buku yang berjudul AMANGKURAT, keris setan kober dulunya berada di desa warurejo, wilayah perbatasan pemalang dengan tegal. Dan tang memegang keris tersebut adalah ki tunggul waseso..

    ReplyDelete