10 Tempat Wisata Religi di Kabupaten Pati Terpopuler

PATI, IslamCendekia.Com - Obyek wisata religi di Kota/Kabupaten Pati saat ini mulai diminati, baik wisatawan lokal maupun nasional, bahkan mancanegara (foreign tourist). Hal ini terlihat dari ramai dan gegap gempitanya di setiap acara haul.

Karena itu, redaksi IslamCendekia.Com mencoba untuk menjelajah dan menggelar ekspedisi wisata religi di Pati Bumi Mina Tani. Di kota ini, banyak mitos dan nuansa mistis yang berkembang.

Hogwarts Van Java, negeri seribu dukun, kota sejuta paranormal, dan julukan-julukan mistis angker lainnya disandang Pati yang merupakan kabupaten kecil berbatasan dengan Kudus, Jepara, Rembang, Blora, dan Grobogan ini. Beberapa penduduknya di bagian utara seperti Kecamatan Margoyoso saat ini didominasi kalangan santri, sehingga kesan Islam pun turut mewarnai Pati Bumi Mina Tani ini.

Berikut 10 tempat wisata religi terpopuler hasil dari penjelajahan tim redaksi IslamCendekia.Com.

Nyai Ageng Ngerang
Makam Nyai Ageng Ngerang berada di Dukuh Ngerang, salah satu kampung di Kecamatan Tambakromo, berada di kawasan lereng Pegunungan Kendeng.

Nyai Ageng Ngerang dikenal sebagai penyebar agama Islam di Pati bagian selatan. Sejumlah tokoh spiritual mengatakan, di sini juga terdapat makam Sunan Ngerang yang tak lain suami dari Nyai Ageng Ngerang.

Dari kedua tokoh inilah lantas muncul tokoh-tokoh besar yang menjadi adipati atau penguasa di Kadipaten Pati maupun Kerajaan Mataram Islam. Dari sini pula, tokoh besar hingga pahlawan nasional seperti Sultan Agung berasal dari keturunan atau trah Ngerang.

Syeh Jangkung
Syeh Jangkung atau Saridin dikenal sebagai wali nyentrik yang saat ini makamnya berada di Desa Landoh, Kecamatan Kayen. Sejumlah tokoh spiritual mengatakan, nama asli dari Saridin sebetulnya Syarifuddin yang seorang wali disegani.

Saridin merupakan murid Kanjeng Sunan Kalijaga. Makam syeh Jangkung acapkali dikunjung wisatawan dari berbagai wilayah, baik dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera, bahkan dari Negara Malaysia, dan Singapura.

Ada juga yang berpendapat bahwa makam Saridin sesungguhnya berada di sebuah kampung di Pati bagian selatan bernama Lemah Bang.

Sunan Prawoto
Makamnya terletak di Desa Prawoto, Kecamatan Sukolilo. Masyarakat yakin bahwa Sunan Prawoto alias Raden Bagus Hadi Mukmin meninggal di sini. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa makam tersebut sesungguhnya putera Sunan Prawoto, yaitu Arya Pangiri, sedangkan Raden Bagus Mukmin berada di Demak.

Namun, kesepakatan publik masyarakat setempat sudah mengklaim dan menetapkan bahwa makam tersebut adalah Sunan Prawoto. Bahkan, setiap kali haul dihadiri Ratu dari Kasultanan Surakarta (Solo) dan menjadi wisata budaya yang acapkali mengundang wisatawan internasional.

Sunan Makdum
Makam Sunan Sayyid Abdurrahman Al Makhdum terletak di tengah-tengah Kota Pati, yakni di sekitar Jalan Dr Susanto.

Namun, wisata religi di sini tidak seramai makam-makam lainnya. Namun begitu, penyebar agama Islam di Pati ini dahulu dikenal sebagai ulama asal Timur Tengah pada masa kepemimpinan Khalifah Kerajaan Istanbul Turki Sultan Muhammad 1.

Suatu ketika, seorang narasumber mengatakan, Pangeran Arya Penangsang alias Arya Jipang beberapa kali ndarus (mengaji) khataman Al Quran di tempat Mbah Makdum. Arya Penangsang dikenal sebagai tokoh Muslim yang tegas, berwibawa, dan hafidz Al Quran.

10 Tempat Wisata Religi di Kabupaten Pati Terpopuler
Suasana Makam Mbah Muttamakin, Kajen, Margoyoso, Pati, Jawa Tengah.
Ahmad Muttamakin
Makam Mbah Ahmad Muttamakin terletak di Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso, berdekatan dengan lingkungan pondok pesantren.

Mbah Muttamakin dikenal sebagai ulama cendekiawan yang pandai, sehingga orang yang ingin mencari ilmu biasanya berdoa dan berziarah di sini. Ini menjadi bagian dari tradisi umat Islam NU. Sejumlah pejabat penting juga datang ke makam Mbah Muttamakin untuk ziarah.

BACA JUGA: Indahnya Ziarah Wisata Religi di Makam Kanjeng Sunan Kalijaga, Kadilangu, Demak

Ronggo Kusumo
Makam Syekh Ronggo Kusumo terletak di Desa Ngemplak, Kecamatan Margoyoso. Mbah Ronggo masih kerabat dari Mbah Muttamakin dan juga sering menjadi tempat ziarah bersama-sama dengan Mbah Muttamakin.

Abdullah Salam
Makam KH Abdullah Salam atau Mbah Dollah berlokasi di Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso. Ia dikenal sebagai wali di tengah-tengah kehidupan Indonesia yang mulai modern.

Beliau dikenal sebagai Guru Gus Dur, ulama dan tokoh besar NU, serta Presiden ke-4 Republik Indonesia. Saat ini, makam Mbah Dullah acapkali dijadikan sebagai obyek wisata religi.

Sahal Mahfudh
Makam Ketua MUI dan Rais Aaam Syuriah PBNU terletak di Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso. Salah satu tokoh besar yang ziarah ke sini adalah Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin.

Angling Dharma
Makam Angling Darma mungkin tidak masuk dalam agenda wisata religi Anda, karena beliau merupakan tokoh besar sebelum Islam berdatangan ke bumi Nusantara.

Kendati begitu, makam Angling Darma seringkali dikunjungi peziarah dari berbagai daerah, seperti Sumatera, Bali, Sulawesi, bahkan Jawa Barat, hingga orang di sekitar Pati, mulai dari warga Kudus dan Demak.

Tak ada ornamen berbau Islam dalam makam Eyang Prabu Angling Darma. Semua bernuansa Jawa. Namun, sebagai umat Muslim, tak ada salahnya untuk refleksi dan mengingat nilai-nilai kebaikan yang diajarkan Prabu Angling Dharma.

SIMAK Juga: Ini Daftar Obyek Wisata Malam di Kabupaten Demak

Demikian 10 tempat wisata religi di Kota/Kabupaten Pati Jawa Tengah terpopuler dan sering dikunjungi yang dihimpun redaksi IslamCendekia.Com. Semoga bermanfaat dan menjadi panduan wisata spiritual di Pati.

1 Response to "10 Tempat Wisata Religi di Kabupaten Pati Terpopuler"