5 Fakta Manfaat Sholat Subuh untuk Kesehatan Rezeki dan Berkah

Hikmah sholat selain untuk mendekatkan diri kepada Allah, mencegah kemunkaran, mengingat Tuhan sebagai pencipta, juga punya sejuta manfaat dari aspek kesehatan.

Karena itu, redaksi Islamcendekia.com akan mengulas seputar hikmah dan manfaat shalat yang mengawali hari-hari kita, yaitu sholat Subuh. Sebagaimana dilansir Berita Islami Masa Kini Trans TV, berikut ulasan hikmah dan manfaat salat subuh.

Subuh waktu istimewa
Waktu Subuh mengandung banyak keberkahan, sehingga Allah memerintahkan umatnya untuk sholat pada waktu fajar hari.

5 Fakta Manfaat Sholat Subuh untuk Kesehatan Rezeki dan Berkah
Bahkan, Rasulullah Muhammad Saw bersabda: "Ya Allah, berkahilah umatku selama mereka senang bangun (untuk sholat) subuh." Hadits Riwayat Tirmidzi, Abu Daud, Ahmad dan Ibnu Majah.

Waktu yang utama
Rasulullah Saw dalam hadis yang diriwayatkan Bukhari mengatakan, "Barangsiapa yang sholat pada dua waktu yang dingin, maka mereka akan masuk surga."

Ini mengindikasikan bahwa subuh adalah waktu yang utama, karena dinginnya air wudlu yang digunakan untuk salat subuh menjadikan bisa masuk surga.

Nabi Muhammad juga bersabda, "Barang siapa yang mengerjakan shalat bardain akan masuk surga." (Fathul Bari). Yang dimaksud bardain adalah subuh dan ashar.

Baca artikel: Subhanallah, Ini Keajaiban Sholat Tahajud untuk Kesehatan Tubuh

Sumber cahaya di hari kiamat
Pada hari kiamat, manusia dibangkitkan dalam kegelapan dan mereka membutuhkan lentera atau cahaya untuk menerangi kegelapan itu. Rasulullah bersabda, jika ada cahaya di kegelapan saat hari kiamat kelak, maka itu sumbernya dari solat subuh.

Pintu rezeki dibuka
Allah menyerukan kepada umat manusia untuk menyambut pintu rezeki dengan bangun fajar dan menunaikan salat subuh.

Rasul Saw pernah membangunkan puterinya Siti Fatimah dan mengatakan, "Wahai puteriku, bangun dan saksikan rejeki Tuhan dan janganlah jadi orang yang lalu."

Manfaat kesehatan mandi subuh
Mandi di pagi hari terutama subuh sangat baik untuk kesehatan tubuh. Meskipun tidak ada dalil yang menyatakan mandi subuh itu sunah, tetapi manfaatnya luar biasa.

Dengan mandi pagi dengan air dingin alami, tubuh akan memproduksi sel darah putih lebih banyak yang menangkal berbagai macam serangan virus. Sirkulasi darah juga lancar.

Baca berita islami masa kini menarik lainnya: 3 Fakta Ilmiah-Sains Soal Larangan Meniup Makanan dan Minuman Panas

Proses penyembuhan kepada orang sakit juga bisa dilakukan dengan mandi subuh. Oksigen juga akan mudah masuk ke dalam tubuh saat mengambil air wudlu dan sholat subuh. Banyak sekali manfaat dari mandi subuh untuk kesehatan, kebugaran tubuh.

0 Response to "5 Fakta Manfaat Sholat Subuh untuk Kesehatan Rezeki dan Berkah"

Post a Comment