Arti & Makna Lagu Laskar Cinta Dewa 19 + Lirik

Islamcendekia.com - Banyak yang bertanya-tanya: Apa arti, makna, tafsir dan maksud lagu laskar cinta Dewa 19 yang dinyanyikan Ahmad Dhani dan Once? Apakah liriknya terkait dengan dunia Islam dan sufi?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, redaksi Islamcendekia.com mencoba untuk melakukan studi khusus dan kajian untuk menemukan arti, maksud dan makna lagu laskar cinta Dewa 19. Kajian ini sebatas hanya tafsir dari lirik lagu yang dinyanyikan Ahmad Dhani dan Once tersebut.

Dari hasil penafsiran seluruh lirik, ada kesimpulan yang bisa ditarik bahwa lagu laskar cinta Dewa 19 artinya adalah cinta menjadi hakikat kehidupan umat manusia. Cinta merupakan sejatinya kehidupan.

Dengan demikian, manusia diharapkan bisa menebarkan cinta kepada sesama manusia, bukan malah bertumpah darah, perang, dan saling benci. Dengan menjadi laskar cinta, kita diharapkan menjadi orang yang berkomitmen menebarkan kasih sayang kepada semua makhluk.

Kalau kita mendeklarasikan sebagai laskar cinta, maka kita akan menebar kedamaian, cinta dan kasih sayang kepada semua manusia tanpa melihat agama, suku, bangsa atau apapun. Kita juga harus menebar cinta kepada semua makhluk hidup.

foto sufi laskar cinta dewa 19

Cara mengalahkan iblis
Dalam lagu laskar cinta, ada satu lirik yang menarik dan bisa dijadikan cara untuk mengalahkan iblis. Mudah saja, dalam lirik tersebut, kita cukup menghindari prasangka (suudzon) dan kebencian.

Pasalnya, rasa benci dan prasangka menjadi tempat untuk iblis bersemayam. Dengan menghindari kebencian dan prasangka buruk (su'udzon), maka kita sudah bisa mengusir iblis yang dalam dada kita.

Inspirasi Surat Al Hujarat
Lagu Laskar Cinta menurut redaksi Islamcendekia.com juga terinspirasi dari Al Quran dalam surat Al Hujuraat ayat 9 yang berbunyi: "Hai.. manusia. Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan, serta menjadikanmu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal."

Dalam lirik lagu laskar cinta paling akhir, Ahmad Dhani menyebut: "Bukankah kita memang tercipta dari laki-laki dan perempuan. menjadi suku-suku dan bangsa-bangsa yang pasti berbeda. Bukankah kita memang harus saling mengenal dan menghormati, bukan untuk saling bercerai-berai dan berperang angkat senjata."

Redaksi Islamcendekia.com sendiri memandang lirik lagu laskar cinta memang penuh dengan nilai-nilai islami dan sufistik. Belum lagi, dalam adegan visualnya memang menyuguhkan para sufi yang berputar-putar. Sufi sendiri awal mulanya memang identik dengan cinta sejati. Cinta kepada Tuhan adalah sejatinya hidup.

Dengan mengetahui arti, makna, maksud dan tafsir lagu laskar cinta Dewa 19, Anda akan mengerti hakikat kehidupan bahwa manusia hidup dari Tuhan menuju Tuhan. Salah satu cara menuju Tuhan adalah dengan cinta. Cinta kepada semua manusia tanpa mengenal agama, suku, bangsa, bahasa, termasuk semua makhluk hidup.

Lirik lagu laskar cinta
Wahai jiwa-jiwa yang tenang..
Berhati-hatilah dirimu..
Kepada hati-hati yang penuh..
Dengan kebencian yang dalam..

Karena sesungguhnya iblis..
Ada dan bersemayam..
Dihati yang penuh dengan benci..
Dihati yang penuh dengan prasangka..

Laskar cinta..
Sebarkanlah benih-benih cinta..
Musnahkanlah virus-virus benci..
Virus yang bisa rusakkan jiwa..
dan busukkan hati..

Laskar cinta..
Ajarkanlah ilmu tentang cinta..
Karena cinta adalah hakikat..
Dan jalan yang terang bagi semua umat manusia..

Jika kebencian meracunimu..
Kepada manusia lainnya..
Maka sesungguhnya iblis..
Sudah berkuasa atas dirimu..

Maka jangan pernah berharap..
Aku akan mengasihi menyayangi manusia-manusia..
Yang penuh benci seperti kamu..

Laskar cinta..
Sebarkanlah benih-benih cinta..
Musnahkanlah virus-virus benci..
Virus yang bisa rusakkan jiwa..
dan busukkan hati..

Laskar cinta..
Ajarkanlah ilmu tentang cinta..
Karena cinta adalah hakikat..
Dan jalan yang terang bagi semua umat manusia..

Wahai jiwa-jiwa yang tenang jangan sekali-kali kamu..
Mencoba jadi Tuhan dengan mengadili dan menghakimi..
Bahwasanya kamu memang tak punya daya dan upaya..
Serta kekuatan untuk menentukan kebenaran yang sejati..

Bukankah kita memang tercipta laki-laki dan wanita..
Dan menjadi suku-suku dan bangsa-bangsa yg pasti berbeda..
Bukankah kita memang harus saling mengenal dan menghormati..
Bukan untuk saling bercerai-berai dan berperang angkat senjata..

Demikian arti, makna, tafsir dan maksud lagu laskar cinta Dewa 19 yang dinyanyikan Ahmad Dhani dan Once di mana lirik-liriknya sangat identik dengan nilai-nilai Islami dan sufistik. Coba saja download dan tonton di Youtube. Semoga bermanfaat. (*)

1 Response to "Arti & Makna Lagu Laskar Cinta Dewa 19 + Lirik"

  1. Lirik lagu ini belum mampu diterjemahkan dgn baik oleh Ahmad Dhani dalam kehidupan sehari hari. Sayang sekali...
    sebatas pandai membuat kata kata

    ReplyDelete