Warga Mentawai Siaga Tsunami Akibat Gempa 8.3 SR

MENTAWAI, Islamcendekia.com - Warga di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat saat ini tengah siaga terhadap potensi tsunami akibat gempa bumi dengan kekuatan 8.3 skala richter, Rabu, 2 Maret 2016.

Gempa bumi di Mentawai, Sumbar itu terjadi pada 2 Maret 2016 sekitar pukul 19.49 WIB. Kedalaman gempa berada di 10 kilometer dari dasar laut.

Lokasi gempa berada di 636 kilometer barat daya dari kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Sontak, gempa dengan potensi tsunami itu mengkhawatirkan warga.

Sejumlah warga khawatir bila gempa itu memakan korban seperti yang terjadi di Aceh pada 2006 dengan korban ratusan orang. Sejumlah antisipasi dini pun sudah dilakukan.

foto kondisi gempa tsunami mentawai 2016

Misalnya, satu mobil patroli dari aparat kepolisian sudah siaga di kawasan pinggir pantai Mentawai untuk memantau ketinggian air laut dan mengevakuasi warga.

Dari informasi yang dihimpun di lapangan, kecepatan rambat gelombang tsunami diperkirakan 500 hingga 1.000 km per jam. Dengan begitu, jarak gelombang menuju Sumatera Barat diperkirakan ditempuh selama satu jam.

Jika dilihat dari perkiraan itu, warga sumbar harus siaga pada jam 20.49 WIB. Namun, ada juga informasi yang menyatakan bila peringatan dini tsunami baru saja dicabut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). (*)

0 Response to "Warga Mentawai Siaga Tsunami Akibat Gempa 8.3 SR"

Post a Comment