10 Tanaman Herbal Islami dalam Al Quran dan Hadis

Islamcendekia.com - Ada 10 tanaman herbal islami dalam Al Quran. Tumbuhan obat dalam Islam itu benar-benar manjur dan disarankan Nabi Muhammad Saw sebagai sebuah resep. Apa saja?

Kesepuluh tanaman obat dan herbal dalam Islam itu adalah minyak zaitun, madu, air zamzam, jintan, kurma, anggur, labu, semangka, lidah buaya, dan delima. Semuanya bisa ditemui di Indonesia! Padahal, nama-nama tumbuhan islami itu tertera dalam Al Quran ratusan abad lalu di tanah Arab.

Minyak zaitun
Minyak zaitun adalah tanaman herbal islami yang disebutkan dalam Al Quran, yaitu Surat At Tin, An Nur ayat 35 dan Surat Al Mu'minuun ayat 20.

Pohon zaitun tumbuh subur di tempat tinggal para nabi dan tanah-tanah suci, area terbuka yang tidak terhalang dari sinar matahari. Kandungannya sangat kaya akan vitamin A, B, dan C, serta sejumlah gizi lainnya yang baik untuk kesehatan.

Dalam sejarahnya, minyak zaitun sebagai tumbuhan obat islami bermanfaat untuk mengurangi kolesterol berbahaya, mengurangi risiko terjadinya penyumbatan atau trombosis dan penebalan atau arteriosklerosis pembuluh darah.

Selain itu, manfaat minyak zaitun adalah mengurangi pemakaian obat-obatan penurun tekanan darah tinggi, mengurangi serangan kanker, termasuk kanker payudara, kanker rahim, kanker usus, kesehatan kulit (melanoma), mengurangi tukak lambung, khasiat seperti air susu ibu (ASI), mengurangi peradangan sendi, dan menurunkan angka kematian.

foto madu honey photos

Madu
Madu disebut dalam Al-Quran dan hadits, yaitu Surat An Nahl (lebah madu) ayat 68-69 dan QS Muhammad ayat 15. Dalam hadis, diriwayatkan Bukhari, Abu Hurairah, dan HR Ibu Majah dan Hakim.

Madu menurut redaksi Islamcendekia.com adalah air kehidupan. Kenapa? Kandungan gizinya luar biasa dan bisa mengobati segala macam penyakit. Itu disebutkan dalam Al Quran dan hadis.

Madu dikenal sebagai bahan untuk kesehatan dan kecantikan. Cairan lebah atau tawon ini berfungsi sebagai antibakteri, kesehatan mulut, menyembuhkan penyakit lambung dan jantung, kencing manis (diabetes mellitus), menghilangkan kelelahan kronis (mudah capek, letih, lesu, lelah), menenangkan pikiran, perlindungan kulit, bermanfaat untuk kesehatan anak dan sejuta manfaat lainnya.

Air zamzam
Air zam zam disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Ibnu Abbas. "Sebaik-baiknya air di bumi adalah air zam-zam. Air zamzam adalah makanan yang mengenyangkan dan penawar penyakit."

Manfaat air zamzam adalah keberkahan dari Allah, bisa jadi makanan yang mengenyangkan, bisa menyembuhkan penyakit, dan doa bisa terkabulkan melalui keberkahan air zam zam.

Jintan
Jintan disebutkan dalam hadits. Dari Abu Hurairah, Rasulullah Muhammad Saw bersabda: "Sesungguhnya di dalam habbatussauda (jintan hitam) terdapat penyembuh segala macam penyakit, kecuali kematian."

Manfaat jintan hitam bisa menguatkan sistem kekebalan, meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan kewaspadaan, menetralkan racun dalam tubuh, mengatasi gangguan tidur dan stres, antihistamin, memperbaiki saluran pencernaan dan bersifat antibakteri, melancarkan air susu ibu (ASI), nutrisi bagi manusia, ibu hamil dan bayi di bawah lima tahun (balita).

Kurma
Kurma disebutkan dalam Alquran QS Maryam ayat 25-26 dan hadis riwayat Ahmad dan Tirmidzi. Rasulullah Muhammad Saw pernah bersabda: "Kalau salah satu di antara kalian berpuasa, berbukalah dengan kurma. Bila tidak ada, berbuka dengan air, sesungguhnya air itu bersih."

Kandungan kurma yang kaya manfaat membuat buah ini cocok untuk dijadikan sebagai bahan makanan, obat, dan mencegah berbagai macam penyakit seperti stroke, kesehatan mata, membantu pertumbuhan tulang, metabolisme lemak, menambah kekebalan dari infeksi, memperlancar saluran kencing, mengandung potasium tinggi baik untuk terapi tekanan darah tinggi.

Manfaat kurma juga bisa untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, berfungsi elektrolit atau cairan tubuh, antidiare, antihemostatis, dan antihemoroid. Juga bisa sebagai obat flu, radang tenggorokan, meningkatkan kadar trombosit penderita demam berdarah.

Anggur
Buah anggur tercantum dalam Al Quran QS Al Kahfi ayat 32, Al Israa  ayat 91, QS An Nahl ayat 11, QS Abasa 27-29. Buah ini punya sejuta manfaat, yaitu meningkatkan kekebalan tubuh, sumber energi, mengatasi gangguan pembuluh darah, anggur berlimpah senyawa antikanker, ekstrak biji anggur ampuh atasi penuaan sehingga cocok untuk kecantikan.

Manfaat buah anggur juga antiserangan jantung. Kandungan nutrisinya sangat banyak, mulai dari vitamin dan zat-zat yang dibutuhkan tubuh lainnya.

Labu
Diriwayatkan Anas bin Malik, Nabi Muhammad pernah bersabda: "Sesungguhnya labu bisa mengobati hati yang sedih." Sabda nabi tak pernah salah. Labu ternyata mengandung sederet manfaat luar biasa, seperti betakaroten, vitamin A, C, serat, mineral, lemak, dan karbohidrat.

Air buah labu berfungsi sebagai penawar racun binatang berbisa, biji labu bisa digunakan untuk mengobati infeksi cacing pita, daging buah labu dipercaya bisa menangkal kanker karena kaya akan antioksidan.

Bahkan, labu kuning diyakini bisa membantu menyembuhkan penyakit kencing manis, jantung koroner, darah tinggi, dan penyempitan pembuluh darah.

Semangka
Buah yang bisa dijumpai di Indonesia dari Sabang hingga Merauke ini juga ternyata pernah dimakan Rasulullah Muhammad Saw. Ia bersabda, "Panasnya buah semangka kita seimbangkan dengan dinginnya buah kurma."

Nabi sendiri sebetulnya sering makan buah semangka. Dari informasi yang dihimpun Islamcendekia.com, buah semangka punya segudang manfaat seperti diet, baik untuk pengidap hipertensi, menetralisir tekanan darah, menggiatkan kerja jantung, antioksidan membantu sel-sel tubuh tetap sehat, merangsang keluarnya air seni lebih deras, menurunkan panas akibat demam, mencegah sariawan, obat antikanker.

Siwak
Tanaman siwak sudah dikenal pada zaman Nabi Muhammad. Beliau sendiri menyarankan untuk bersiwak setiap akan shalat. "Siwak adalah pembersih mulut dan keridhaan bagi Tuhan." (HR Ahmad)

Siwak dikenal sebagai pembersih mulut (oral cleaner) dan zat antibakteri. Butiran serbuk siwak dalam pasta gigi mampu menjangkau sela-sela gigi dan mengeluarkan sisa-sisa makanan.

Lidah buaya
Utsman Bin Affan berkata, "Rasulullah Saw pernah menemukan seorang laki-laki mengeluhkan kedua matanya ketika sedang ihram. Nabi berkata, "Balutlah kedua matamu dengan Aloe vera." (Hadits Riwayat Muslim).

Manfaat lidah buaya sangat banyak, mulai dari kecantikan hingga kesehatan. Apa saja kegunaannya? Sebagai antiinflamasi mengatasi luka bakar, gigitan serangga, dan masalah pencernaan.

Lidah buaya juga bisa menyembuhkan luka, antioksidan, kosmetik (krim, lotion, sabun), penyubur rambut, tanaman hias, memperlambat kerja virus HIV, memperbaiki sistem pencernaan, makanan lezat dan menyehatkan, mengatasi sembelit, menurunkan gula darah.

Delima
Buah delima disebut dalam Al Quran Surat Al An'aam ayat 99, Ar Rahman ayat 68, dan hadis riwayat Ahmad. Nabi bersabda, "Makanlah delima dengan kulitnya, karena bisa membersihkan lambung."

Buah pome atau delima dikenal dengan zat antioksidan yang sangat tinggi seperti vitamin C, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan aliran darah ke jantung, menjaga kesehatan gigi, mencegah kerusakan tulang rawan, dan masih banyak lagi lainnya.

Itulah 10 tanaman herbal islami dalam Al quran dan hadits yang bisa dijadikan tumbuhan obat alami sebagai resep manjur dari Allah dan rasulnya, Nabi Muhammad Saw dalam ajaran agama Islam. Semoga bermanfaat. (*)

0 Response to " 10 Tanaman Herbal Islami dalam Al Quran dan Hadis"

Post a Comment