11 Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Terbaik di Indonesia

Islamcendekia.com - Studi Islam saat ini mulai diminati, mulai dari hukum syariah, pendidikan tarbiyah, ekonomi dan perbankan Islam, dan masih banyak lagi lainnya. Di Indonesia, ada 11 kampus Universitas Islam Negeri (UIN) terbaik.

Daftar perguruan tinggi Islam (PTI) ini tidaklah mencetak sarjana-sarjana, magister, doktor dan profesor syariah yang menyebabkan meningkatnya angka pengangguran di Indonesia. Namun, banyak di antara alumninya yang justru berkiprah menjadi orang hebat.

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Kampus yang berlokasi di Tangerang Selatan ini adalah perguruan tinggi Islam pertama di Indonesia yang memperoleh sertifikat ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA). Selain itu, kampus ini juga menyandang predikat kampus Islam terbaik se-Indonesia versi Webomatrics dan 4icu.org, dan mendapatkan akreditasi A dari BAN PT.

Sejumlah fakultas yang ada di UIN Syarif Hidayatullah, antara lain Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF), Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDKOM), Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Psikologi (FPSI), Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

kampus uin syarif hidayatullah jakarta

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Pada tahun 2013, UIN Suka sempat dinobatkan sebagai kampus terbaik di antara PTAIN se-Indonesia versi Webomatrics dan rangking 54 dengan kampus-kampus umum di Indonesia.

Di sini, ada Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin dan pemikiran Islam, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

UIN Sunan Ampel Surabaya
Kampus Islam negeri ini cukup memiliki reputasi yang baik dengan kualitas alumninya yang mumpuni. Sejumlah pemikir Islam terkenal muncul dari kampus ini.

Sekarang ini, kampus yang biasa disingkat UINSA ini punya 9 fakultas, antara lain Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Fakultas Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, serta Fakultas Sains dan Teknologi.

UIN Walisongo Semarang
Kampus Islam yang berada di Kota Semarang ini dikenal sebagai kampus progresif yang kaya akan pemikiran-pemikiran, baik liberal maupun konservatif. Alumninya cukup kredibel dan banyak memegang peran di berbagai sektor di Indonesia.

Setelah bertransformasi dari IAIN ke UIN, kampus ini punya beberapa fakultas seperti Fakultas Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, serta Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

UIN Walisongo Semarang

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Perguruan tinggi ini memiliki gedung yang megah dan modern. Sejalan dengan kemegahan gedung, kampus ini punya visi menjadi pusat peradaban Islam (center of Islamic Civilization) yang menerapkan Islam sebagai agama yang membawa rahmat bagi alam semesta.

Ada 6 fakultas di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, antara lain Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Syariah, Fakultas Ekonomi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Humaniora.

UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Setelah bertransformasi dari institut agama islam negeri (IAIN) ke UIN, kampus ini saat ini bertekad mengembangkan studi berbasis riset dan penelitian yang mumpuni, baik bidang agama maupun umum.

Sejumlah fakultas di sini, di antaranya Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin, Psikologi, Sains dan Teknologi, serta Fakultas Ilmu Sosial, Politik dan Ekonomi.

UIN Alauddin Makassar
Perubahan IAIN menjadi UIN atas dasar Perpres RI Nomor 57 Tahun 2005, yang kemudian peresmiannya didatangi oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Ada 8 fakultas di kampus ini, yakni Fakultas Syariah dan Hukum, Tarbiyah dan Keguruan, Ushuluddin dan Filsafat, Adab dan Humaniora, Dakwah dan Komunikasi, Sains dan Teknologi, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan di UIN Alauddin Makassar menunjukkan kesiapan pihak kampus dalam mendidik dan mencetak generasi dokter masa depan berbasis Islam. Di kampus Islam yang lain, Fakultas Kedokteran masih sangat jarang.

UIN Sumatera Utara
Ada banyak lembaga non struktural yang hidup di kampus ini. Hal itu menunjukkan bahwa kampus berkembang secara dinamis sesuai dengan perkembangan dan kemajuan zaman.

Beberapa fakultas yang ada di UIN Sumatera Utara, di antaranya Fakultas Syariah, Dakwah dan Komunikasi, Tarbiyah dan Keguruan, Ushuluddin, Sains dan Teknologi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Sosial, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

UIN Sultan Syarif Kasim Pekan Baru
UIN Suska yang berlokasi di alamat Jalan HR Soebrantas Nomor 155 Km 15 Simpang Baru Panam, Pekanbaru ini memiliki slogan change towards advance yang berupaya mengembangkan mahasiswanya untuk selalu berkembang menuju kemajuan.

Ada yang tidak dimiliki kampus lain di sini, yaitu Fakultas Pertanian dan Peternakan yang konsen pada kajian bidang peternakan dan pertanian. Selain itu, ada pula Fakulas Syariah dan Ilmu Hukum, Tabiyah dan Keguruan, Ushuluddin, Dakwah dan Komunikasi, Sains dan Teknologi, Psikologi, serta Ekonomi dan Ilmu Sosial.

UIN Raden Fatah Palembang
Sesuai dengan namanya, UIN Raden Fatah ingin menjadi perintis kejayaan Islam di Nusantara sebagaimana Raden Patah pendiri Kerajaan Demak Bintoro. Melalui dosen dan tenaga pendidik yang cakap, kampus ini mencetak lulusan yang kompeten di bidangnya.

Sama seperti perguruan tinggi Islam lainnya, UIN Raden Fatah Palembang punya Fakultas Syariah dan Hukum, Tarbiyah dan Keguruan, Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Adab dan Humaniora, Dakwah dan Komunikasi, Ekonomi dan Bisnis Islam, Ilmu Sosial dan Politik, serta Fakultas Sains dan Teknologi.

UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Disingkat UINAR, lulusan dari UIN Ar-Raniry Aceh sangat kompeten sehingga bisa ditemukan di berbagai instansi pemerintah dan perusahaan swasta, hingga luar Aceh sekalipun.

Saking populernya, kampus Islam ini sempat menjadi jantung hatinya masyarakat Aceh. Beberapa fakultas yang ada di sini adalah Fakultas Syariah dan Hukum, Tarbiyah dan Keguruan, Adab dan Humaniora, Dakwah dan Komunikasi, Ushuluddin dan Filsafat, Ekonomi dan Bisnis Islam, Psikologi, Sains dan Teknologi, serta Fakultas Sosial dan Ilmu Pemerintahan.

Itulah daftar 11 Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Terbaik di Indonesia. Semoga bisa menjadi referensi yang tepat bagi calon mahasiswa yang akan menentukan pilihan kampus terbaiknya di Perguruan Tinggi Agama Islam. (*)

0 Response to "11 Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Terbaik di Indonesia"

Post a Comment