Gerbang Kudus Kota Kretek, Landmark Termegah Bernapaskan Islam

KUDUS, Islamcendekia.com - Gerbang Kudus Kota Kretek (GKKK) adalah sebuah pintu atau gapura selamat datang Kudus yang dibangun di kawasan Taman Tanggul Angin, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Pintu atau gapura yang dimaksud bukanlah makna sebenarnya, tetapi kiasan atau simbol yang menunjukkan sebuah gerbang penyambut memasuki Kota Kudus. Pembangunan gerbang yang menghabiskan biaya Rp 16,125 miliar tersebut memiliki arti, makna, dan filosofi yang bernapaskan Islam.

Gerbang Kudus Kota Kretek Malam Hari, Landmark Termegah di Dunia

Senior Manager Public Affairs PT Djarum, Purwono Nugroho kepada Islamcendekia.com mengatakan, Gerbang Kudus Kota Kretek adalah landmark atau ikon termegah berbentuk daun tembakau dengan jari-jari berjumlah 59 ruas. Angka 5 adalah simbol rukun Islam, sedangkan angka 9 melambangkan Walisongo sebagai penyebar agama Islam di Tanah Jawa.

Di Kudus sendiri, ada dua tokoh yang masuk dalam salah satu anggota Walisongo. Keduanya adalah Sunan Kudus dan Sunan Muria. Itu sebabnya, ruas jari-jari landmark kota berbentuk daun tembakau tersebut dibuat berjumlah 59.

Yang lebih mengejutkan, pembangunan gerbang Kudus sangat barbau dengan unsur mistis, yaitu peresmian dilakukan pada tanggal 27 April. Hari tersebut bertepatan dengan pembangunan Menara Kudus dan Masjid Agung Kudus peninggalan Sunan Kudus atau Raden Ja'far Sodiq.

Maka, tidak ada salahnya bila Anda mampir di sini, sebelum berwisata religi di Kabupaten Kudus. Gerbang kota yang disebut-sebut termegah di Asia Tenggara atau malah dunia ini memiliki pemandangan yang sangat menarik di malam hari.

Biasanya, muda-mudi yang sedang pacaran atau sekadar menikmati malam di Gerbang Kudus Kota Kretek memadati kawasan ini. Namun, apakah mereka paham tentang arti, maksud, makna dan filosofi yang terkandung di dalam bangunan megah berupa daun tembakau sebagai simbol ikon sosial-kebudayaan warga Kudus tersebut, yang ternyata bernapaskan Islam. (*)

0 Response to "Gerbang Kudus Kota Kretek, Landmark Termegah Bernapaskan Islam"

Post a Comment