Hukum Bermain Aplikasi Bigo Live Menurut Pandangan Islam

JAKARTA, Islamcendekia.com - Apa itu pengertian Bigo Live? Bagaimana hukum bermain aplikasi ini menurut pandangan Islam?

Demikian sejumlah pertanyaan yang masuk ke redaksi. Apakah masuk haram, dilarang atau boleh? Sebab, Bigo Live yang bisa didownload di Google Playstore saat ini tengah booming dan banyak dipakai pengguna di Indonesia maupun dunia.

Bigo Live adalah aplikasi untuk broadcast, video kita ditonton oleh orang banyak dari berbagai belahan dunia. Mereka bisa berkomentar melalui chat. Aplikasi ini oleh sebagian orang juga dimanfaatkan untuk menghasilkan uang melalui gift, diamond atau bean yang diperoleh dari penggemarnya.

Bigo Live mirip dengan Camfrog, Skype, atau semacamnya. Dalam perkembangannya, aplikasi ini banyak disalahgunakan untuk maksiat. Misalnya, seseorang menyuguhkan video live streaming dengan pakaian seksi dan hot.

Aplikasi Live Streaming Broadcast Bigo Live

Akibatnya, banyak viewer atau penonton yang tak jarang kepincut. Mereka yang live menggunakan baju seksi dan hot biasanya pada malam hari. Jika aplikasi ini disalahgunakan demikian, maka hukumnya dalam Islam adalah haram.

Aplikasi Bigo Live jelas tidak diatur dalam Al Quran dan Hadits sebagai sumber utama hukum Islam. Karena itu, hukum awalnya adalah boleh atau mubah. Jika ternyata memberikan manfaat, seperti menambah pertemanan, kolega, relasi, ukhuwah yang lebih baik, maka Anda akan mendapatkan pahala.

Bisa dikatakan Bigo Live malah sunnah. Tapi, jika yang timbul adalah kemaksiatan, membuat orang lupa waktu dan buang waktu sia-sia, dan beragam kemudaratan atau keburukan lainnya, maka jelas aplikasi live broadcast streaming ini hukumnya haram.

Jadi, boleh tidaknya menurut pandangan Islam, sebaiknya tanya pada diri sendiri: Apakah saya menggunakan aplikasi Bigo Live untuk tujuan kebaikan atau kemaksiatan? Jika hati kecil bicara untuk kemaksiatan, sebaiknya tinggalkan.

Namun, bila tujuannya baik, Anda boleh menggunakannya. Namun, dilihat dari banyak aspek, aplikasi Bigo Live lebih banyak menjurus pada kemaksiatan. Karena itu, sebaiknya lakukan hari-hari Anda untuk sesuatu yang lebih bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, agama, dan negara. (*)

0 Response to "Hukum Bermain Aplikasi Bigo Live Menurut Pandangan Islam"

Post a Comment