Pengertian Ma'had Aly dan Daftar Ma'had Aly di Indonesia

Pengertian Ma'had Aly adalah lembaga pendidikan tinggi yang fokus pada program studi Islam murni yang diselenggarakan pondok pesantren.

Satu kampus Ma'had Aly menyelenggarakan satu program studi, seperti sejarah dan peradaban Islam, fiqh dan ushul fiqh, tafsir dan ilmu tafsir, aqidah dan filsafat Islam, hadits dan ilmu hadits, serta tasawwuf dan tarekat.

Dari berbagai fokus program studi tersebut, prodi fiqh dan ushul fiqh yang paling banyak dicanangkan. Prodi ini mengacu pada kajian berbasis kitab kuning, yaitu kitab keislaman klasik berbahasa Arab yang menjadi rujukan keilmuwan di pesantren.

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin saat diwawancara Islamcendekia.com mengatakan, Ma'had Aly punya posisi yang setara dengan perguruan tinggi (PT) lainnya, baik Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Universitas Islam Negeri (UIN), maupun kampus-kampus pada umumnya.

Hanya saja, Ma'had Aly difokuskan pada studi Islam murni. Sementara itu, STAIN, IAIN dan UIN adalah perguruan tinggi yang mengkorelasikan antara ilmu Islam murni dan ilmu umum.

"Ma'had Aly adalah perguruan tinggi yang paling otoritatif di bidang pengembangan ilmu Islam murni. Ma'had Aly tercantum dalam Undang-undang sebagai pendidikan tinggi. Punya legalitas yang kuat sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari sistem pendidikan nasional, setara STAIN, IAIN, UIN dan pendidikan lainnya," kata Menag Lukman Hakim.

Pengertian Ma'had Aly dan Daftar Ma'had Aly di Indonesia

Daftar Ma'had Aly di Indonesia
1. Ma’had Aly Saidusshiddiqiyyah Pondok Pesantren As-Shiddiqiyah di Kebon Jeruk DKI Jakarta, program studi takhasus (spesialisasi) 'Sejarah dan Peradaban Islam' atau dalam bahasa Arabnya: Tarikh Islami wa Tsaqafatuhu

2. Ma’had Aly Syekh Ibrahim Al Jambi Pondok Pesantren Al As'ad, terletak di Kota Jambi, Provinsi Jambi, program takhasus adalah 'Fiqh dan Ushul Fiqh' atau Fiqh wa Ushuluhu

3. Ma’had Aly Sumatera Thawalib Parabek Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek berlokasi di Agam, Provinsi Sumatera Barat, program spesialisasinya adalah 'Fiqh dan Ushul Fiqh' (Fiqh wa Ushuluhu)

4. Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Pondok Pesantren Ma'hadul 'Ulum Ad Diniyyah Al Islamiyah (MUDI) Mesjid Raya, berada di Bireun, Provinsi Aceh, dengan program studi spesialisasi 'Fiqh dan Ushul Fiqh'

5. Ma’had Aly As'adiyah Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang, Provinsi Sulawesi Selatan dengan program studi 'Tafsir dan Ilmu Tafsir' atau bahasa Arabnya Tafsir wa Ulumuhu

6. Ma’had Aly Rasyidiyah Khalidiyah Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai di Kalimantan Selatan, dengan program studi 'Aqidah dan Filsafat Islam' atau bahasa Arabnya Aqidah wa Falsafatuhu

7. Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Ponpes Salafiyah Syafi'iyah, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, program takhasus 'Fiqh dan Ushul Fiqh'

8. Ma’had Aly Hasyim Al-Asy'ary Ponpes Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, dengan program takhasus 'Hadits dan Ilmu Hadits' (Hadits wa Ulumuhu)

9. Ma’had Aly At-Tarmasi, Ponpes Tremas Jawa Timur, dengan program takhasus 'Fiqh dan Ushul Fiqh' (Fiqh wa Ushuluhu)

10. Ma’had Aly Pesantren Maslakul Huda fi Ushul al-Fiqh, Ponpes Maslakul Huda, Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, dengan program studi 'Fiqh dan Ushul Fiqh' (Fiqh wa Ushuluhu)

11. Ma’had Aly PP Iqna ath-Thalibin, Ponpes Al Anwar Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, dengan program takhasus 'Tasawwuf dan Tarekat' (Tashawwuf wa Thariqatuhu)

12. Ma’had Aly Al Hikamussalafiyah, Pondok Pesantren Madrasah Hikamussalafiyah (MHS) Cirebon, Jawa Barat dengan program takhasus 'Fiqh dan Ushul Fiqh' (Fiqh wa Ushuluhu)

13. Ma’had Aly Miftahul Huda, Pondok Pesantren Manonjaya Ciamis, Jawa Barat, dengan program spesialisasi 'Aqidah dan FIlsafat Islam' (Aqidah wa Falsafatuhu)

0 Response to "Pengertian Ma'had Aly dan Daftar Ma'had Aly di Indonesia"

Post a Comment