Doa Meminta Jodoh dan Keturunan yang Baik Lengkap Terjemahannya

Doa mohon meminta jodoh dan keturunan yang baik lengkap dengan terjemahannya bahasa Indonesia dan bahasa Arab ini sangat diperlukan bagi kaum jomblo, lajang yang ingin memutuskan untuk menikah, tapi belum juga ketemu jodoh.

Jangankan ketemu jodoh, pacar saja belum punya? Sedangkan usia sudah mulai menginjak 27 tahun. Ikhtiar dan usaha wajib dilakukan, tapi doa memohon kepada Allah juga penting dilakukan supaya para jomblo diberikan petunjuk ke mana harus mencari jodoh terbaik, tentu cakep rupanya, baik hati dan akhlaknya.

Kepada Yth. Redaksi Islamcendekia.com, apa amalan, dzikir atau doa meminta jodoh yang terbaik? Termasuk diberikan anak dan keturunan yang baik. Sebab, keturunan yang baik akan menyelamatkan leluhurnya di akhirat kelak. Salam -- Alex Nugroho, Jakarta Selatan.

Foto DP BBM Doa Meminta Jodoh dan Keturunan yang Baik
DP BBM doa mohon istri dan keturunan yang baik

Jawab:

Terima kasih Alex atas pertanyaannya. Pada dasarnya, setiap dzikir, amalan, dan doa adalah baik, karena sebagai bentuk upaya permohonan kita sebagai hamba kepada Tuhannya, Allah Swt.

Namun, Allah telah menurunkan Al Quran sebagai petunjuk kepada umat manusia di bumi. Ada banyak ayat-ayat yang dipakai sebagai doa di dalam Alquran.

Maka, ada beberapa ayat yang berisi doa khusus untuk meminta dan memohon agar kita diberikan jodoh terbaik, serta keturunan yang baik, bisa menjunjung tinggi nama keluarga, agama, bangsa, dan negara.

Surat Al Furqan ayat 74
رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامً

Ejaan bahasa Indonesia
"Rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wadzurriyyaatinaa qurrata a’yuniw waaj’alnaa lilmuttaqiina imaaman."

Terjemahan
"Ya Tuhan kami, anugerahkan kami istri-istri dan keturunan kami sebagai penyenang hati dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa."

Penjelasan / tafsir
Ketika manusia memiliki cita-cita, keinginan dan visi yang baik untuk membangun rumah tangga bersama dengan istri, Allah memberikan petunjuk agar manusia berdoa kepada-Nya. Dalam hidup berumah tangga, Allah membimbing kita dengan empat substansi, yaitu pasangan, keturunan, pemimpin umat, dan kesejukan hati dalam berumah tangga.

Surat Ali Imran ayat 38
رَبَّهُۥ ۖ قَالَ رَبِّ هَبْ لِى مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ ٱلدُّعَآءِ

Ejaan dalam bahasa Indonesia
"Rabbahu qaala rabbi hab lii min ladunka dzurriyyatan thayyibatan innaka samii’u alddu’aa."

Terjemahannya
"Ya Tuhanku, berikan aku dari sisiMu seorang anak yang baik. Sungguh Engkau Maha Pendengar doa."

Tafsir penjelasannya
Ayat ini adalah doa Nabi Zakariya as supaya diberikan keturunan untuk melanjutkan perjuangan beliau dalam menegakkan agama Allah. Kisah Nabi Zakaria memohon keturunan kepada Allah bisa dilihat dalam QS Ali Imron ayat 38-41 dan Al Anbiya' ayat 89-90.

Sebagai tips dan kiat untuk mencari jodoh secara islami, Anda juga harus berjuang mencari cinta sejati. Menurut islamcendekia.com, ikhtiar, usaha dan doa adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Ingat, Allah tidak akan merubah suatu kaum, sebelum suatu kaum berusaha atas apa yang dia inginkan.

Bagaimana cara mendekati (PDKT) dengan cewek atau cowok? Cobalah tanya pada hati, lihat perilakunya, agamanya, akhlaknya, dekati, lalu cobalah bertanya: "Apa sudah punya pacar? Jujur, saya tertarik dengan kamu, karena akhlak dan agamamu, maukah kita taaruf? Lalu kita menikah?" Jangan lupa berdoa, ya!

0 Response to "Doa Meminta Jodoh dan Keturunan yang Baik Lengkap Terjemahannya"

Post a Comment