Keistimewaan Hari Jumat dalam Islam Dikabulkan Doa Kita

Hari Jumat dalam Islam ternyata memiliki keistimewaan, keutamaan, rahasia, dan makna. Semua orang tahu bila Jum'at adalah penghulu dari semua hari.

Menurut hadits yang diriwayatkan Ahmad, Hari Jumat adalah hari paling mulia di sisi Allah. Bahkan, keistimewaannya lebih mulia dari Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha di sisi Allah.

Sebab, di hari Jum'at lah terdapat lima peristiwa, yaitu Adam diciptakan dan turun ke bumi, Adam dimatikan, Allah akan mengabulkan doa orang yang meminta kepada Allah kecuali hal yang diharamkan, kiamat terjadi pada hari Jumat, dan tidaklah seseorang malaikat yang dekat di sisi Allah di bumi dan langit, kecuali dia dikasihi pada hari Jumat.

Hadits yang diriwayatkan Bukhari Muslim menyatakan, Rasulullah Nabi Muhammad Saw pernah bersabda, bila ada seorang Muslim yang shalat di Hari Jumat, niscaya permintaannya akan dikabulkan karena di hari Jum'at terdapat satu waktu yang jika shalat di dalamnya dan memohon kepada Allah, akan dikabulkan.

Hanya saja, para ulama berselisih pendapat soal kapan waktu di Hari Jumat yang mustajab untuk berdoa. Abu Burdah menjelaskan, waktu yang ijaabah pada hari Jumat adalah antara duduknya imam sampai sholat dilaksanakan.

Sementara itu, Jabir bin Abdillah pernah berkata, Hari Jumat adalah dua belas jam. Tidak ada seorang Muslim pun yang memohon sesuatu kepada Allah dalam waktu tersebut, melainkan akan dikabulkan Allah. Maka, ingatlah, akhir dari waktu tersebut jatuh setelah Ashar.

Keutamaan Hari Jumat lainnya adalah orang Islam akan diampuni dosa-dosanya ketika pada Hari Jumat, dia mandi, bersuci semampunya, menggunakan minyak wangi dari rumah, keluar menuju masjid, tidak memisahkan dua orang yang duduk berdampingan, lalu dia shalat sesuai tuntunannya, kemudian diam mendengarkan saat imam berkhutbah. Seorang Muslim itu akan diampuni, antara Jumat dan Jum'at berikutnya.

Bisa disimpulkan, ada sejumlah tragedi atau peristiwa besar dalam kehidupan di dunia ini yang terjadi pada Hari Jumat. Berikut rangkumannya dari islamcendekia.com untuk pembaca setia.

1. Allah menciptakan Nabi Adam As
2. Allah mewafatkan Nabi Adam As
3. Allah memasukkan Nabi Adam ke dalam surga
4. Allah menurunkan Nabi Adam As dari surga menuju bumi
5. Kiamat akan terjadi pada hari Jumat

Subhanallah. Hari Jum'at dalam Islam sungguh memiliki makna, keistimewaan dan keunggulan yang tiada tara. Tidak salah jika Hari Jum'at adalah penghulu dari semua hari yang di dalamnya terdapat satu waktu mustajab doa.

Berikut gambar keistimewaan hari Jumat, semacam kamus, yang bisa dijadikan foto profil DP BBM, Whatsapp, dll. Tulisannya: "Jum'at. (n) : penghulu dari semua hari yang di dalamnya terdapat satu waktu mustajab do'a, hari di mana kita disunnahkan membaca Al Quran Surat Al Kahf, disunnahkan memperbanyak sholawat dan sedekah."

Gambar Foto BBM Keistimewaan Keutamaan Hari Jumat Penghulu dari Semua Hari

0 Response to "Keistimewaan Hari Jumat dalam Islam Dikabulkan Doa Kita"

Post a Comment