Hari Lahir Rabu menurut Islam dan Keistimewaannya

Hari lahir Rabu menurut Islam tergolong sangat istimewa. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Muslim Nomor 2789, Allah SWT menciptakan cahaya pada hari Rabu. Itulah salah satu keistimewaan Hari Rabu dalam Islam.

Cahaya adalah sumber kehidupan yang menerangi, membuat dunia ini ada dan eksis. Dengan cahaya lah manusia bisa melihat dan makhluk hidup bisa tumbuh berkembang.

Bahkan, Allah sendiri menyebutkan diri sebagai cahaya atau nur. Nur alannur, cahaya di atas cahaya. Bahkan, nur Muhammad diciptakan sebelum Nabi Adam As diciptakan.

Hari Lahir Rabu menurut Islam dan Keistimewaannya

Betapa agungnya cahaya. Allah tidak akan menciptakan dunia dan isinya sebelum menciptakan Nur Muhammad. Cahaya Muhammad yang menerangi dunia, cahaya kebajikan yang tahu jalan Tuhan untuk memberikan petunjuk kepada umat manusia.

Dengan nur, manusia bisa mengenali siapa Sang Pencipta, mengenal sifat-sifat-Nya, termasuk memahami kehendak-Nya sehingga kita menjadi manusia yang rendah hati dan bertakwa kepada Allah. Sungguh mulia Hari Rabu di mana cahaya diciptakan oleh Allah.

Dalam suatu riwayat dari Anas bin Malik, Rasulullah SAW pernah mengatakan, pada hari Rabu, Allah menghancurkan Raja Fir'aun dan kaumnya dengan cara ditenggelamkan. Di Hari Rabu pula, Allah memusnahkan kaum Tsamud, kaum 'Aad, yaitu kaum Nabi Saleh AS yang mengingkari kerasulan dan kenabiannya.

Karena itu, Rasulullah Saw menyarakan kepada umat Islam untuk meminum obat pada hari Rabu bila ingin sembuh dari sakit. Selain itu, ada banyak peristiwa dalam lintasan sejarah yang membuat Rabu adalah hari istimewa.

Dikutip Islamcendekia.com dari berbagai sumber, ada berbagai peristiwa di Hari Rabu. Di antaranya, Allah menghancurkan Raja Namrud dengan memasukkan serangga ke dalam telinganya, Raja Fir'aun yang mengaku sebagai Tuhan ditenggelamkan di Sungai Nil, Allah menenggelamkan Qarun bersama harta kekayaan dan keluarganya di dalam perut bumi.

Di hari Rabu pula, Allah membinasakan Auj bin Unuq dengan burung Hudhud, Allah menghancurkan kaum Nabi Saleh As, Namrudz dibinasakan Allah dengan serangga nyamuk, Allah membinasakan kaum Nabi Hud As dengan angin kencang, dan Allah menghancurkan Syadad bin Aad dengan suara Jibrail As.

Namun, Anda, baik laki-laki atau perempuan, cewek atau cowok, pria atau wanita yang lahir di Hari Rabu jangan kemudian sombong karena keistimewaannya. Pada dasarnya, semua hari menurut Islam adalah baik.

Justru, bila Anda lahir di Hari Rabu di mana Allah menciptakan cahaya, Anda harus berani menebarkan cahaya kebaikan dan kebajikan kepada semua makhluk hidup, tidak hanya manusia saja, tetapi juga hewan, tumbuhan dan alam semesta. Dengan demikian, Anda menjadi pribadi "cahaya" yang bermanfaat bagi umat. Amin.

1 Response to "Hari Lahir Rabu menurut Islam dan Keistimewaannya"