7 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan menurut Islam

Jam tidur siang yang baik menurut Islam berkisar antara jam 12.00 WIB sampai 13.00 WIB, baik untuk kecantikan maupun bagi anak-anak. Lantas, apa manfaat tidur siang untuk kesehatan?

Oleh: Lia Ningrum Purbosari, ahli kesehatan Islami

Masa anak-anak adalah masa dengan penuh aktivitas yang diperlukan untuk merangsang pertumbuhan dan daya motorik otak, baik motorik kasar maupun halus.

Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan menurut Islam

Anak-anak seolah tak dapat berhenti bergerak, dari aktivitas satu ke aktivitas lain. Apalagi jika bermain, aktivitas yang sangat mengasyikan inilah yang menjadi favorit anak-anak.

Dalam proses bermain inilah anak-anak mampu menemukan dan belajar banyak hal. Namun, meskipun demikian anak-anak tetap harus beristirahat di sela-sela aktivitasnya di kala siang hari antara jam 12.00-13.00.

Namun, anak-anak sering sulit untuk diajak beristirahat karena saking asyiknya bermain. Di sinilah dibutuhkan peran orang tua yang memberikan contoh.

Bukan hanya anak-anak saja yang membutuhkan tidur siang, meskipun hanya beberapa menit. Orang dewasa pun sebetulnya sangat membutuhkan aktivitas sederhana yang satu ini.

Dalam dunia kesehatan, tidur siang sangat bermanfaat untuk kesehatan, kecantikan maupun bagi anak. Beberapa manfaatnya, di antaranya:
1. Meningkatkan daya ingat otak
2. Menigkatkan fungsi indera dan kreativitas
3. Mengatasi insomnia (sulit tidur)
4. Mengurangi stress
5. Mencegah penyakit jantung dan stroke
6. Membuang toxin
7. Melancarkan metabolisme
8. masih banyak lagi lainnya

Tidak hanya dari sisi kesehatan, ternyata jauh lebih penting, tidur siang adalah sunnah Rasulullah Muhammad SAW. Beliau memerintahkan dan mencontohkan untuk kita sebagai umatnya untuk tidur siang dalam sabda beliau yang dinukilkan oleh Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu:

قِيْلُوا فَإِنَّ الشَّيَاطِيْنَ لاَ تَقِيْلُ
“Qailulah-lah (istirahat sianglah) kalian, sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah istirahat siang." (HR Abu Nu’aim dalam Ath-Thibb, dikatakan oleh Al-Imam Al-Albani rahimahullahu dalam Ash-Shahihah no. 1637: isnadnya shahih)

Yang dimaksud dengan qailulah adalah istirahat di tengah hari, walaupun tidak disertai tidur. (An-Nihayah fi Gharibil Hadits)

Dalam riwayat yang lainnya disebutkan:

كَانَ عُمَرُ رضي الله عنه يَمُرُّ بِنَا نِصْفَ النَّهَارِ –أَوْ قَرِيْبًا مِنْهُ – فَيَقُوْلُ: قُوْمُوا فَقِيْلُوا، فَمَا بَقِيَ فَلِلشَّيْطَانِ
Biasanya ’Umar radhiyallahu ‘anhu bila melewati kami pada tengah hari atau mendekati tengah hari mengatakan, “Bangkitlah kalian! Istirahat sianglah! Yang tertinggal menjadi bagian untuk setan.” (HR. Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad no.1239, dikatakan oleh Al-Imam Al-Albani rahimahullahu dalam Shahih Al-Adabil Mufrad no. 939: hasanul isnad)

Begitulah kebiasaan para sahabat. Diceritakan oleh Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ketika datang pengharaman khamr, para sahabat sedang duduk-duduk minum khamr di rumah Abu Thalhah radhiyallahu ‘anhu.

Dengan segera mereka menuangkan isi bejana khamr, lalu mereka istirahat siang di rumah Ummu Sulaim radhiyallahu ‘anha, istri Abu Thalhah radhiyallahu ‘anhu. Anas radhiyallahu ‘anhu menuturkan:

مَا كَانَ لِأَهْلِ الْمَدِيْنَةِ شَرَابٌ– حَيْثُ حُرِّمَتِ الْخَمْرُ –أَعْجَبُ إِلَيْهِمْ مِنَ التَّمْرِ وَالْبُسْرِ، فَإِنِّي لَأُسْقِي أَصْحَابَ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم وَهُمْ عِنْدَ أَبِي طَلْحَةَ، مَرَّ رَجُلٌ قَالَ: إِنَّ الْخَمْرَ قَدْ حُرِّمَتْ. فَمَا قَالُوا: مَتَى؟ أَوْ حَتَّى نَنْظُرَ. قَالُوا: يَا أَنَسُ، أَهْرِقْهَا، ثُمَّ قَالُوا عِنْدَ أُمِّ سُلَيْمٍ حَتَّى أَبْرَدُوا وَاغْتَسَلُوا، ثُمَّ طَيَّبَتْهُمْ أُمُّ سُلَيْمٍ ثُمَّ رَاحُوا إِلَى النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فَإِذَا الْخَبَرُ كَمَا قَالَ الرَّجُلُ. قَالَ أَنَسٌ: فَمَا طَعِمُوهَا بَعْدُ

“Tidak ada minuman yang paling disukai penduduk Madinah tatkala diharamkannya khamr, selain (khamr dari) rendaman kurma. Sungguh waktu itu aku sedang menghidangkan minuman itu kepada para sahabat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang sedang berada di rumah Abu Thalhah.

Tiba-tiba lewat seseorang, dia mengatakan, “Sesungguhnya khamr telah diharamkan!” Sama sekali para sahabat tidak menanyakan, “Kapan?” atau “Kami lihat dulu.” Mereka justru langsung mengatakan, “Wahai Anas, tumpahkan khamr itu!”

Lalu mereka pun beristirahat siang di rumah Ummu Sulaim sampai hari agak dingin, setelah itu mereka mandi. Kemudian Ummu Sulaim memberi mereka minyak wangi. Setelah itu mereka beranjak menuju ke hadapan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Ternyata beritanya memang seperti yang dikatakan orang tadi. Maka mereka tak pernah lagi meminumnya setelah itu.” (HR. Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad no.1241, dikatakan oleh Al-Imam Al-Albani rahimahullahu dalam Shahih Al-Adabil Mufrad no. 940: shahihul isnad)

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu mengabarkan kebiasaan para sahabat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulunya:

كَانُوا يُجَمِّعُوْنَ ثُمَّ يَقِيْلُوْنَ

“Mereka (para sahabat) dulu biasa melaksanakan shalat Jum’at, kemudian istirahat siang.” (HR. Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad no.1240, dikatakan oleh Al-Imam Al-Albani rahimahullahu dalam Shahih Al-Adabil Mufrad no. 939: shahihul isnad)

Jika para sahabat saja bersemangat mengikuti perintah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam serta mengajak yang lainnya melakukan kebaikan ini, tentu kita tak pantas meninggalkannya. Kita melakukan dan kita ajak anak-anak kita untuk melakukannya pula.

Dari tidur siang, kita dapat merasakan banyak manfaat, baik dari sisi kesehatan dengan tubuh menjadi lebih segar untuk melaksanakan segala ibadah baik wajib maupun sunnah. Dan yang lebih penting, sedikit pahala karena membiasakan diri untuk meneladani Rasulullah Nabi Muhammad SAW.

0 Response to "7 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan menurut Islam"

Post a Comment