Alasan Ansor dan Banser NU Tolak Konsep Khilafah HTI

PATI, Islamcendekia.com – Ratusan anggota pemuda Ansor dan Banser Nahdlatul Ulama (NU) menggelar aksi unjuk rasa di kawasan Alun-alun Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Minggu (9/4).

Mereka menyuarakan penolakan terhadap ideologi khilafah Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), karena Indonesia sudah memiliki ideologi Pancasila. Mereka juga menyerukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harga mati.

Aksi itu dipicu menyusul adanya rencana masirah panji Rasulullah Saw yang rencananya digelar HTI Jawa Tengah di Lapangan Tri Lomba Juang bertema "Khilafah Kewajiban Syar'i, Jalan Kebangkitan Umat".

Alasan Ansor dan Banser NU Tolak Konsep Khilafah HTI

Dalam aksinya, mereka membuat pernyataan sikap penolakan terhadap organisasi masyarakat (ormas) HTI. Lima pernyataan sikap Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Pati, Jawa Tengah, adalah sebagai berikut.

1. Menolak gagasan khilafah yang diusung HTI, karena bisa mengakibatkan perpecahan, mengancam keutuhan NKRI yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

2. Menolak semua kegiatan HTI, karena menyebarkan propaganda khilafah dengan maksud mengubah Pancasila sebagai ideologi dan asas tunggal kehidupan berneregara.

3. Menuntut pembubaran HTI di Indonesia, baik secara paham, pola tindakan, maupun organisasi.

4. Mendesak dan menuntut kepada aparat untuk menjalankan tugasnya menjaga keamanan negara dengan menindak tegas organisasi atau perseorangan yang menyebarkan ideologi yang memicu gerakan anti NKRI.

5. Mengimbau pengikut HTI untuk kembali kepada ajaran dan ideologi Ahlussunnah wal Jama'ah yang sesuai, selaras dan sejalan dengan konsep NKRI.

Pernyataan tersebut ditandatangani Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Pati Moesafa dan Satkorcab Banser Pati Imam Ahmad Syafi'i.

0 Response to "Alasan Ansor dan Banser NU Tolak Konsep Khilafah HTI"

Post a Comment