April Mop dalam Islam, Boleh atau Haram?

April mop dalam Islam, apakah diperbolehkan atau diharamkan menurut pandangan agama yang diturunkan Rasulullah Nabi Muhammad SAW tersebut? Apakah ada larangannya? Mohon dijelaskan. Bagus -- Jakarta Timur.

Terima kasih atas pertanyaan yang dilayangkan kepada kami, islamcendekia.com. Kami akan berupaya menjawab semampu kami, demi satu tujuan: kebaikan dan kemaslahatan umat. Sebelumnya, kita bahas dulu apa itu April Mop?

April Mop adalah hari di mana orang-orang boleh berbohong dengan tujuan memberi lelucon dan tidak dianggap sebagai sebuah kesalahan, diperingati pada tanggal 1 April.

april mop dalam islam

Dalam bahasa Inggris, istilah April Mob dikenal dengan sebutan April Fool's Day. Jika diterjemahkan menggunakan bahasa Indonesia secara apa adanya, berarti Hari Orang Bodoh April, hari menipu, mengelabuhi atau memperbodoh April.

Dalam tradisinya, perbuatan bohong untuk lelucon dan memperingati April Mop hanya diperbolehkan sampai siang hari. Ini berlaku di negara Inggris, Afrika Selatan dan Australia.

April Mop menurut Islam
Menurut pandangan Islam, April Mop bisa diperbolehkan atau bahkan haram. Ada sejumlah alasan kenapa redaksi islamcendekia.com beralasan demikian.

April Mop tidak dijelaskan dalam sumber hukum Islam utama, yaitu Al Quran dan Hadits. Karena itu, kami mengambil konsep maslahah mursalah sebagai sumber hukum, bila tidak ditemukan dalam Alquran dan As-Sunnah.

Jadi, sejauh perbuatan dalam memperingati April Mop memberikan dampak kebaikan, kemaslahatan, maka diperbolehkan. Namun, coba kita lihat secara seksama, apa saat kita berbohong menimbulkan rasa senang atau justru kebencian yang menimbulkan kemudharatan.

Jadi, hukum memperingati April Mop dalam Islam, bisa boleh bisa haram. Boleh jika memberikan manfaat, kebaikan dan kemaslahatan. Haram jika memberikan keburukan atau mudarat.

Jadi, sebelum merayakan April Mop, buatlah spekulasi dan perhitungan yang matang, kira-kira lelucon itu merugikan orang lain atau tidak. Jika akhirnya bisa menyenangkan, tidak masalah. Jika justru membuat orang lain stres, namanya tercemar, dan dampak buruk lainnya, jelas perbuatan itu haram.

Bicara soal kebohongan, Nabi Muhammad SAW juga pernah berbohong, tapi tujuannya untuk kebaikan. Dalam sebuah kisah yang sangat populer, ada seseorang yang dikejar-kejar oleh orang yang ingin mencelakainya.

Orang tersebut berpesan kepada Nabi untuk tidak memberi tahu ke mana ia lari. Namun, Nabi Muhammad sebetulnya tidak berbohong. Beliau mengambil satu langkah dan ketika ditanya berkata, "Sejak saya duduk di sini, tidak ada yang melintas."

Dibilang bohong, sebetulnya tidak, karena dikemas dengan kata, sejak saya duduk di sini. Di sini, beda dengan ketika Nabi melihat orang yang dikejar pertama kali tadi, karena berpindah tempat.

Lagipula, Nabi punya tujuan kemaslahatan sebagai salah satu tujuan utama syariat Islam. Nah, sobat islamcendekia.com sekalian, hukum April Mop menurut pandangan Islam tergantung dari dampak April Mop itu sendiri. Dalam Islam, selama perbuatan itu memberikan kebaikan, kemaslahatan bagi umat, maka diperbolehkan.

Namun, hemat kami, antara kemudaratan dan kemaslahatan dari April Mop sepertinya banyak condong ke kemudaratan, sehingga sebaiknya dihindari. Berlatih jujur saja susah, apalagi memperingati April Mop dengan kebohongan-kebohongan. Semoga jawaban kami bermanfaat. Amien.

0 Response to "April Mop dalam Islam, Boleh atau Haram?"

Post a Comment