Doa Buka Puasa Ramadan yang Benar dan Artinya Lengkap

Doa buka puasa ramadhan yang benar berbeda antara satu artikel yang saya baca dengan artikel lainnya. Mohon pencerahannya sesuai Al Quran dan hadits, serta artinya yang lengkap, supaya saya bisa menghayati dan memahami maknanya. -- Muhammad Ridho, Jakarta Pusat.

Jawab:

Alquran tidak menjelaskan secara terperinci doa buka puasa Ramadan. Sebab, Al Quran adalah sumber hukum Islam utama yang berisi petunjuk secara umum, kemudian dipertegas secara detail dalam hadits.

Ada alasan kenapa antara satu artikel yang Anda baca dengan artikel lainnya berbeda. Hal itu disebabkan perbedaan pandangan mengenai perawi atau yang meriwayatkan hadits.

Satu pendapat membenarkan dengan dasar hadits yang diriwayatkan seseorang, kemudian ada yang menyalahkan karena perawi dianggap "cacat" atau tidak tersambung sanadnya, sehingga hadits yang diriwayatkan dianggap dhaif, lemah atau bahkan palsu.

Doa Buka Puasa Ramadan yang Benar dan Artinya

Doa berbuka puasa secara umum

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُبِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Ejaan bahasa Indonesia: Allahumma laka shumtu wabika amantu wa ala rizkika aftortu birohmatika ya arhamarokhimin.

Artinya: "Ya Allah, kepadaMu aku berpuasa dan kepadaMu aku berbuka. Dengan rahmatMu duhai dzat yang maha welas asih."

Doa ini populer dan umum digunakan masyarakat, umat Muslim di Indonesia. Oleh sebagian ulama, doa ini disebut berasal dari sanad hadits yang dhaif, karena ada Daud bin Az Zibriqon yang diklaim sebagai perawi matruk.

Doa berbuka puasa yang benar

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلى رِزْقِكَ أفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمأُ وابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأجْرُ إِنْ شاءَ اللَّهُ تَعالى

Ejaan bahasa Indonesia: Allahuma laka shumtu wa ala rizqika afthortu dzahabaddoma'u wabtalatil 'uruqu wa tsabatal ajru insya Allah ta'ala.

Artinya: "Ya Allah, untukMu aku berpuasa. Atas rezekiMu aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah dan pahala telah ditetapkan. InsyaAllah."

Doa ini yang digunakan sebagian besar umat Islam, termasuk kalangan Nahdliyin (umat Nahdlatul Ulama) yang didasarkan pada kitab Al Adzkar oleh Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf an-Nawawi.

Sementara dikutip islamcendekia.com dari hadist yang diriwiyatkan Abu Daud Nomor 2357, Ibnu Umar Ra mengatakan, Rasulullah Nabi Muhammad Saw membaca doa sebagai berikut saat berbuka puasa.

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

Artinya: Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, pahala telah ditetapkan. Insya Allah.

Doa buka puasa Ramadan yang benar semestinya diniati dengan tulus bahwa kita berpuasa karena Allah, mengharap ridha dan cinta-Nya, bukan semata-mata karena pahala. Semoga bulan suci Ramadhan tahun ini, kita mendapatkan makna akan cinta-Nya.

0 Response to "Doa Buka Puasa Ramadan yang Benar dan Artinya Lengkap"

Post a Comment