Hukum Sikat Gigi Saat Puasa & Batas Waktu Gosok Gigi

Hukum sikat gigi saat puasa membatalkan atau tidak? Batas waktu gosok gigi kapan?

Sebab, selama ini orangtua saya melarang gosok gigi selama menjalankan ibadah puasa, baik sunah maupun Ramadhan.

Mohon ustadz bisa memberikan penjelasan hukum gosok gigi saat puasa dalam Al Quran maupun hadits sebagai sumber hukum Islam yang utama. Terima kasih. -- Rif'an, Jakarta Selatan.

Hukum Sikat Gigi Saat Puasa Batas Waktu Gosok Gigi

Jawab:
Dalam buku saku Ramadhan: Kumpulan Twit Seputar Bulan Ramadhan karya Muhammad bin Shalih al Munajjid menjelaskan, membersihkan atau menggosok gigi tanpa menggunakan pasta gigi, termasuk bersiwak tidak membatalkan puasa.

Satu catatan, berkumur dan sikat gigi tidak akan membatalkan puasa selama tidak ada sesuatu yang masuk dalam tenggorokan. Jadi, pastikan Anda tidak menelan sesuatu, salah satunya air.

Pasta gigi saat ini beragam rasa, seperti mint, lemon, daun sirih dan lain sebagainya. Orang dilarang menggunakan pasta gigi selama berpuasa, karena dikhawatirkan ada bahan aditif yang masuk dalam lambung sehingga membuat puasa batal.

Hal itu sebabnya, Anda disarankan untuk gosok gigi tanpa menggunakan odol atau pasta sebagai bentuk kehati-hatian.

Batas waktu gosok gigi saat puasa
Abdullah bin Husein bin Thahir dalam karya bukunya, Is‘adur Rafiq wa Bughyatut Tashdiq menjelaskan:

"Orang yang berpuasa, makruh bersiwak setelah dzuhur. Hal itu berdasarkan hadits, 'Perubahan aroma mulut orang yang sedang berpuasa lebih wangi di sisi Allah pada hari kiamat daripada wangi minyak misik."

Bersiwak sama halnya dengan sikat gigi. Dari penjelasan ulama tersebut, Abdullah bin Husein bin Thahir, batas waktu gosok gigi saat puasa adalah sebelum adzan zhuhur tiba.

Adapun setelah itu, maka hukumnya makruh. Apa itu makruh? Boleh dilakukan, tetapi Anda tidak akan mendapatkan keutamaan. Sebaiknya Anda tidak melakukannya.

Kesimpulan
Hukum sikat gigi saat puasa adalah boleh, tetapi menjadi makruh ketika dilakukan setelah batas waktu dzuhur. Dengan catatan, gosok gigi tidak dilakukan dengan pasta atau odol.

Sebagai saran, sebaiknya bergosok gigi ria sebelum waktu imsyak tiba dan sebelum tidur. Jadi, aturan untuk sikat gigi selama dua kali dalam sehari masih bisa dipenuhi, bukan?

1 Response to "Hukum Sikat Gigi Saat Puasa & Batas Waktu Gosok Gigi"

  1. Assalamualaikum saya mau nanya jika tiba imsyak bolehkah untuk menggosok gigi dan saat adzan subuh ? Ada yang bilang tidak apa apa jika gosok gigi saat adzan subuh berkumandang ... Dan menggunakan pasta gigi/odol terima kasih wassalamu'alaikum warohmah tulohi wbarokatuh

    ReplyDelete