10 Hal yang Dilakukan pada Saat Malam Lailatul Qadar

Hal yang dilakukan pada saat malam Lailatul Qadar sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW, bisa dilakukan dengan sholat sunah, dzikir, membaca Al Quran, hingga membaca doa khusus yang diajarkan Rasulullah SAW.

Dari banyak amalan-amalan yang bisa dilakukan pada saat malam Lailatul Qadar, salah satu yang paling utama menurut islamcendekia.com adalah shalat. Sebab, hal itu didasarkan pada hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah.

Nabi Muhammad SAW seperti diriwayatkan Abu Hurairah pernah bersabda: "Siapa saja yang melaksanakan sholat saat malam Lailatul Qadar karena iman dan berharap pahala dari Allah, dosa-dosanya akan diampuni." (Hadits Riwayat Bukhari Nomor 1.901).

Malam Lailatul Qadar Bidadari Malaikat

Shalat
Berdasarkan hadits di atas, maka amalan yang bisa dilakukan umat Muslim pada malam Lailatul Qadar adalah sholat yang didasarkan pada keimanan, serta mengharapkan pahala, berkah dari Allah.

Doa khusus
Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni

Bacalah doa tersebut saat malam Lailatul Qadar. Doa khusus itu diajarkan, disarankan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umatnya.

Arti dari doa tersebut, "Ya Allah, Engkau maha pemaaf dan engkau mencintai orang yang meminta maaf. Karena itu, maafkanlah Aku."

Anjuran Rasulullah SAW tentang doa khusus tersebut ada pada HR. Tirmidzi Nomor 3513 dan Ibnu Majah Nomor 3850.

Dzikir
Hal yang dilakukan pada saat malam Lailatul Qadar juga bisa dengan dzikir, menyebut nama Allah, mengingat-Nya, disertai dengan rasa cinta yang lebih kepada-Nya.

Jenis dzikir apa saja yang bisa menjadi amalan? Apa saja asal bisa mengingatkan Anda kepada Allah, baik itu subhanallah, alhamdulillah, allahuakbar, menyebut asmaul Husna, dan lain sebagainya.

Membaca Alquran
Beberapa umat Muslim dan ulama mengisi malam Lailatul Qadar dengan membaca Al Quran seusai melaksanakan sholat sunah.

Menyambut malam yang lebih baik dari seribu bulan itu dengan tilawah Alquran tidak ada salahnya, karena pada malam itu malaikat-malaikat turun untuk mengatur segala urusannya.

Iktikaf
Berdiam diri di masjid pada malam Lailatul Qadar juga baik untuk Anda yang ingin berharap berkah dan pahala. Dengan catatan, itikaf dilakukan dengan cara bersimpuh, mengingat dan mendekatkan diri kepada-Nya.

Shalat isyak dan tarawih di masjid
Ada pula yang menyongsong malam Lailatul Qadar dengan sholat isyak dan tarawih berjamaah di masjid. Kebersamaan dan kekeluargaan sesama saudara muslim akan terasa, terlebih pada malam itu malaikat akan turun dan memberikan rahmat dari-Nya.

Sholat subuh berjamaah
Malam Lailatul Qodar berlangsung sebuah kesejahteraan sampai terbit fajar. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan, maka songsonglah dengan shalat subuh berjamaah di masjid.

Shalat Tahajud
Sholat ini dilakukan setelah bangun tidur. Maka, berniat tidur sebentar untuk menunaikan salat tahajud pada saat malam Lailatul Qodar juga sangat baik.

Sholat Hajat
Ibadah ini tidak harus tidur terlebih dahulu. Shalat sunah yang dikhususkan untuk meminta sesuatu kepada Allah ini baik dilakukan pada malam yang lebih baik dari 1.000 bulan agar hajatmu terkabulkan.

Sholawat
Bersholawat atas Nabi Muhammad SAW juga baik untuk menyambut malam kemuliaan itu. Sebab, salah doa yang ijabah dan mustajab adalah melalui sholawat Nabi.

Hal yang dilakukan pada saat malam Lailatul Qadar tidak terbatas pada 10 amalan di atas, tetapi sangat beragam dan banyak dengan catatan selalu istikomah dalam kebaikan. Bisa juga dengan sholat istikharah bagi jomblo yang ingin mendapatkan jodoh. Semoga bermanfaat.

0 Response to "10 Hal yang Dilakukan pada Saat Malam Lailatul Qadar"

Post a Comment