Malam Lailatul Qodar 2017 Jatuh pada Tanggal Ini, Catat!

Malam lailatul qodar 2017 jatuh pada tanggal 15, 17, 19, 21 dan 23 Juni malam harinya. Karena malam yang lebih baik dari seribu bulan itu hanya berlangsung selama satu malam saja, maka kemungkinan ada pada kelima tanggal tersebut.

Apa dasarnya? Hitungan tersebut didasarkan pada versi Imam Ghazali. Dalam beberapa kitab dijelaskan bahwa malam lailatul qadar jatuh pada tanggal ganjil di sepuluh hari terakhir bulan suci Ramadhan.

Lailatul Qadar Malam yang Lebih Baik dari Seribu Bulan

Jika dihitung pada hitungan ganjil, maka didapatkan lailatul qadar jatuh pada 1, 3, 5, 7 dan 9 malam terakhir 10 bulan puasa Ramadhan.

Nah, bila diambil dari tanggal 15 Juni sebagai awal memasuki bulan ke-21 karena Lebaran jatuh pada 25 Juni, maka hasilnya malam lailatul qodar dimungkinkan jatuh pada tanggal 15, 17, 19, 21 dan 23 Juni 2017.

Kebetulan, tanggal-tanggal tersebut adalah ganjil. Namun, menurut Imam Syadzily, malam yang lebih mulia dari 1.000 bulan itu jatuh pada malam 29, 21, 27, 19, 25, 17 dan malam 23.

Ada juga ulama yang berpendapat bahwa Lailatul Qodar pernah terjadi di malam pertama bulan suci Ramadhan. Lantas, apa saran islamcendekia.com untuk umat Muslim di Indonesia?

Abaikan saja soal kapan datangnya malam Lailatul Qodar, tetap fokus dan khusyuk dalam menjalankan ibadah selama Ramadhan. Sebab, jika kamu total dalam beribadah selama Ramadan, kamu dipastikan akan mendapatkan satu malam yang lebih mulia dari seribu bulan itu.

Pasalnya, Lailatul Qadar sengaja dirahasikan Allah SWT supaya manusia tetap bersungguh-sungguh pada semua malam di bulan suci Ramadhan.

Baca: Ini Alasan Kenapa Lailatul Qodar Dirahasiakan!

Sejumlah tanda-tanda akan turunnya malam itu juga ada. Dalam sebuah riwayat hadits, Rasulullah Muhammad SAW bersabda bahwa Lailatul Qadar adalah malam yang penuh dengan kelembutan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, cerah, pagi harinya matahari bersinar lemah dan tampak kemerah-merahan.

Udara dan angin pun akan terasa nyaman dan sangat tenang. Pada paginya, matahari seolah terbit tanpa sinar, mirip bejana sampai matahari tersebut naik.

Abu Hurairah juga meriwayatkan dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW pernah berkata bahwa ketika bulan muncul dengan ukuran setengah nampan, di situlah malam Lailatul Qadar.

Baca: Ini Amalan dan Bacaan Doa Saat Lailatul Qadar

Namun, sejumlah hadits juga menegaskan bahwa malam itu tidak bisa dirasakan oleh semua umat Muslim, sehingga tugas umat Islam adalah menunaikan ibadah dengan ikhlas dan mengharap ridha dan cinta-Nya.

0 Response to "Malam Lailatul Qodar 2017 Jatuh pada Tanggal Ini, Catat!"

Post a Comment