Status Xoxoxo Facebook menurut Islam, Al Quran dan Hadits

Status Xoxoxo Facebook menurut Islam, Al Quran dan hadits bagaimana ustadz? Sebab, ungkapan cinta di Facebook ini tengah viral. Bagaimana hukumnya menggunakan status atau komentar xoxoxo facebook dalam ajaran agama Islam? -- Anita Zulaika, Bogor.

Jawaban
Apa itu xoxoxo Facebook? Anda harus mengetahui makna dan artinya terlebih dahulu supaya paham sebelum menggunakannya dalam status maupun komentar.

Xoxoxo seperti dikutip dari berberita.com, Jumat (9/6) adalah fitur facebook terbaru untuk mengungkapkan perasaan kasih sayang dan cinta kepada sesama teman di dunia maya.

Status xoxoxo facebook menurut islam

Cara menggunakannya, netizen cukup mengetikkan kata "xoxoxo" pada status atau komentar Facebook, kemudian ketika kata itu diklik akan muncul efek hati berwarna pink yang bertebaran dengan indahnya.

Meski sejarah xoxoxo mungkin tidak sesuai syariat Islam, karena X artinya adalah berciuman dan O artinya adalah berpelukan, tetapi dalam Facebook dilihat dulu konteksnya.

Berpelukan dan berciuman boleh-boleh saja asal sudah menjadi pasangan sah atau suami-istri sesuai dengan syariat yang ditetapkan agama Islam. Bila masih pacar, gebetan atau mantan, tentu tidak diperbolehkan.

Islam adalah agama damai. Itu sesuai dengan spirit nama Islam sendiri yang berarti damai, sejahtera. Untuk mencapai damai, rasa cinta dan kasih sayang kepada semua makhluk hidup harus disemai dan ditebarkan.

Semangat cinta kasih sebetulnya tidak hanya ada pada Islam, tetapi hampir semua agama, baik Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, Konghucu, dan agama-agama lainnya.

Dalam Islam, Allah adalah dzat yang maha pengasih dan maha penyayang. Dalam Alquran surat Al Imran ayat 31 juga dijelaskan, jika kamu mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.

Mencintai Allah sama halnya mencinta semua makhluk ciptaan-Nya, tak hanya sesama manusia, tetapi juga hewan, tanaman dan semesta alam.

Dalam hadits yang diriwayatkan Muslim, Nabi Muhammad SAW pernah berkata, perumpamaan orang-orang yang beriman dalam hal rasa saling mencintai, saling mengasihi, saling berkasih sayang adalah seperti satu tubuh yang ketika satu anggota tubuh itu mengeluh, maka seluruh tubuh merasa mengaduh hingga tidak bisa tidur dan merasa panas.

Artinya, kalau Anda menjahati seseorang, maka sebetulnya Anda menjahati diri Anda sendiri. Sebaliknya, jika Anda mencintai dan mengkasihi seseorang, Anda sebetulnya mencintai diri Anda sendiri.

Karena itu, menurut islamcendekia.com, status xoxoxo facebook yang menjadi representasi ungkapan cinta harus digunakan dengan baik untuk menebar cinta dan kasih sayang kepada sesama manusia, sehingga perdamaian akan tersemai dengan baik.

Jika itu Anda lakukan, maka Anda bukan hanya mendapatkan pahala, tetapi juga mendapatkan ruang yang indah dalam diri Tuhan.

Sebaliknya, jika status xoxoxo Facebook disalahgunakan untuk berpeluk cium sebagai bentuk ungkapan cinta, sedangkan Anda bukan muhrim, bukan pasangan suami-istri yang sah, maka hukumnya adalah haram.

Semoga Anda bisa menggunakan fitur terbaru Facebook itu dengan bijak sehingga akan menimbulkan kemaslahatan dan kebaikan, bukan kemudaratan atau keburukan. Semoga bermanfaat. (*)

0 Response to "Status Xoxoxo Facebook menurut Islam, Al Quran dan Hadits"

Post a Comment