Terungkap! Mengapa Allah Merahasiakan Malam Lailatul Qadar

Mengapa Allah merahasiakan malam Lailatul Qadar? Pertanyaan ini mampir ke email redaksi islamcendekia.com kemarin, memasuki malam mulia yang lebih baik dari seribu bulan.

Dalam Al Quran Surat Al Qadr ayat 3-5 dijelaskan bahwa malam Lailatul Qodar lebih baik dari seribu bulan. Pada malam tersebut, malaikat-malaikat termasuk Jibril turun dengan izin Rabb-nya untuk mengatur segala urusan.

Malam itu penuh dengan kesejahteraan sampai pada terbit fajar. Atas dasar Alquran itulah umat Muslim mengharap bisa menemukan malam yang lebih dari malam 1.000 bulan itu.

Pada malam itu, umat Muslim berlomba-lomba menunaikan ibadah, terutama sholat agar bisa mendapatkan berkah dari malam Lailatul Qadar. Sayangnya, mereka tidak akan pernah tahu kapan malam lailatul qodar jatuh pada tanggal berapa.

Malam Lailatul Qadar

Baca juga: 10 Amalan-amalan dan Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar

Rahasia malam lailatul qadr
Syekh Syihabuddin bin Salamah al Qulyuby dalam kitab karangannya, Risalah Nawadirul Hikayah menjelaskan, Allah sengaja merahasiakan malam terbaik dari seluruh malam itu karena suatu hal.

Salah satunya agar manusia tidak terfokus pada malam itu saja dan melupakan malam-malam pada bulan Ramadhan lainnya. Dengan sebuah rahasia, maka manusia akan giat menjalankan ibadah hingga malam lailatul qodar sendiri yang menjemput umat Islam.

Kesimpulannya, Allah merahasiakan malam Lailatul Qadar supaya manusia terus bersungguh-sungguh pada setiap malam bulan suci Ramadhan, tanpa harus mengesampingkan malam-malam lainnya.

Sebab, bila Allah memberitahu secara jelas dan gamblang kapan malam lailatul qodar, manusia tentu akan fokus dan konsentrasi hanya pada malam itu saja, lantas malas beribadah pada malam sebelum dan sesudahnya.

Karena itu, Anda disarankan untuk selalu bersungguh-sungguh beribadah setiap hari, terutama setiap malam bulan Ramadhan. Sehingga pada suatu malam saat beribadah, kita bisa menemukan indahnya malam yang lebih baik dari 1.000 bulan.

Pada malam itu, umat Muslim yang berdoa dengan sungguh-sungguh dan berhasil meraih cinta-Nya, maka dosa akan diampuni, doa dikabulkan dan semoga diberi kelimpahan pahala.

Mengapa Allah merahasiakan malam Lailatul Qadar terungkap sudah, setelah membaca artikel ulasan khusus Ramadhan dari kami. Semoga kita selalu mendapatkan ridho, ampunan dan cinta-Nya di bulan suci ini. Amien.

0 Response to "Terungkap! Mengapa Allah Merahasiakan Malam Lailatul Qadar"

Post a Comment