Hukum Kartu Kredit dalam Islam Ternyata Bisa Halal dan Haram

Hukum Kartu Kredit dalam Islam

Hukum kartu kredit dalam Islam ternyata bisa bersifat halal, juga dapat bersifat haram. Kenapa bisa demikian?

Sebelum menghukumi suatu hal menggunakan fikih, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu kartu kredit dan bagaimana sistem kerjanya.

Dalam kartu kredit, Anda memang bisa terjerat bunga jika tidak segera melunasi tagihan-tagihan dari pihak bank yang memberikan Anda kartu kredit.

Bunga ini jelas riba, sedangkan riba menurut Islam secara tegas dilarang. Hal itu dijelaskan dalam Al Quran maupun hadits.

Namun, beban bunga dalam kartu kredit ternyata tidak serta-merta begitu saja. Bunga itu hanya dibebankan kepada Anda yang telat dalam membayar.

Jika tidak telat, Anda tidak akan dikenakan bunga. Jika kondisinya seperti ini, kartu kredit adalah halal dan tidak mengandung dosa.

Tapi, kalau Anda sering telat dalam membayar tagihan dan dikenakan bunga setiap bulannya, maka ini bersifat riba dan jelas haram hukumnya.

Dalam Alquran Surat Al Baqarah ayat 275 dijelaskan, orang yang memakan riba, maka orang itu menjadi penghuni neraka dan mereka kekal di dalamnya.

Dilanjutkan dalam ayat 276, Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Allah tidak suka setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan selalu berbuat dosa.

Hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah menyebutkan bahwa Rasulullah Muhammad SAW bersabda, "Jauhi 7 perkara yang membawa kehancuran."

Satu di antara tujuh perkara yang membawa kehancuran itu adalah memakan riba. Nabi Muhammad SAW seperti yang diriwayatkan Jabir juga melaknat pemakan riba, yang memberikan riba, penulis dan dua saksinya.

Ditegaskan dalam Al Quran surat Ali Imran ayat 130, Allah meminta kepada orang-orang yang beriman untuk tidak memakan riba.

Kesimpulan
Jadi, kalau Anda sebagai pemegang kartu kredit, bayarlah tepat waktu sehingga tidak ada bunganya dan diperbolehkan atau halal.

Namun, jika Anda terjerat dengan hutang di kartu kredit dan harus membayar hutang plus bunga-bunganya, ini jelas bersifat riba dan dilaknat oleh Allah.

Maka, bijaklah menggunakan kartu kredit. Semoga kita menjadi umat yang selalu mendapatkan ridha dan hidayah-Nya. Amin.

0 Response to "Hukum Kartu Kredit dalam Islam Ternyata Bisa Halal dan Haram"

Post a Comment