Jawaban mengapa kita perlu mengetahui peribadatan bangsa quraisy sebelum Islam?

Mengapa kita perlu mengetahui peribadatan bangsa quraisy sebelum Islam

Mengapa kita perlu mengetahui peribadatan bangsa quraisy sebelum Islam?

Demikian pertanyaan dalam buku siswa "Sejarah Kebudayaan Islam: Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013" untuk Madrasah Aliyah Kelas X dalam soal "Mari Berdiskusi".

Jawaban
Karena pada mulanya bangsa Arab Quraisy sudah meyakini dan mengikuti ajaran agama Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, yaitu agama Hanifiyah.

Hanif artinya adalah benar dan lurus. Karena itu, ajaran tauhid sebetulnya sudah mengakar di hati masyarakat Arab sejak dulu.

Seiring berjalannya waktu, banyak pergaulan dan pembauran dari bangsa lain yang mempengaruhi kepercayaan bangsa Quraisy.

Ajaran yang semula tauhid mengalami perubahan, pengurangan dan penambahan yang dilakukan para pengikut yang tidak bertanggung jawab.

Selanjutnya, muncul berbagai ajaran yang meragukan tauhid sebagaimana diajarkan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, akhirnya membuat mereka jatuh menjadi penyembah berhala yang dibawa Amr bin Luay al Khuzai.

Bentuk-bentuk pemujaan yang dilakukan bangsa Quraisy saat memasuhi fase jahiliyah, antara lain:

1. Menyembah malaikat
2. Menyembah roh leluhur, jin dan hantu
3. Menyembah matahari dan bintang
4. Menyembah berhala atau arca dari batu, kayu dan logam
5. Beberapa di antaranya memeluk agama Yahudi dan Nasrani

Masa-masa jahiliyah hilang, setelah Rasulullah Muhammad SAW membawa Islam untuk menegaskan ajaran tauhid kembali sebagaimana diajarkan Nabi Ibrahim dan Ismail.

Itulah mengapa kita perlu mengetahui peribadatan bangsa quraisy sebelum Islam. Supaya kita menjadi tahu bahwa bangsa quraisy sebelumnya sudah tahu tentang tauhid, kemudian mengalami perubahan dengan menyembah selain Allah, lalu Rasulullah Muhammad SAW menegakkan tauhid itu lagi melalui Islam.

0 Response to "Jawaban mengapa kita perlu mengetahui peribadatan bangsa quraisy sebelum Islam?"

Post a Comment