7 Pengaruh Kebudayaan Islam Dibidang Aksara dan Sastra, Terutama di Melayu dan Jawa

Pengaruh Kebudayaan Islam Dibidang Aksara dan Sastra Terutama di Melayu dan Jawa

Jelaskan pengaruh kebudayaan Islam dibidang aksara dan sastra terutama yang berkembang di masyarakat Melayu dan Jawa!

Jawab
Penyebaran agama Islam di Tanah Jawa dan hampir menyeluruh di kawasan Nusantara-Indonesia mempengaruhi tidak hanya masalah tauhid dan keyakinan saja, tetapi juga persoalan seni-budaya.

Inilah yang disebut dengan akulturasi. Artinya, adanya percampuran dengan tradisi budaya Jawa-Nusantara pada waktu itu yang masih kental dengan Hindu-Buddha dengan tradisi Islam.

Nilai-nilai ajaran Islam dikolaborasikan dengan tradisi-budaya yang berkembang di masyarakat. Tradisi lokal dipertahankan, tetapi nilai dan substansinya merupakan ajaran Islam.

Di bidang aksara dan seni sastra juga sangat mempengaruhi masyarakat, terutama di Jawa dan Melayu. Apa saja? Berikut penjelasannya!

1. Hikayat
Adalah karya sastra berisi dongeng atau cerita sejarah. Hikayat berupa prosa atau karangan bebas yang berisi peristiwa menarik, contohnya Hikayat Raja-Raja Pasai, Hikayat 1001 Malam, Hikayat Iskandar Zulkarnain dan sebagainya.

2. Kaligrafi
Adalah seni menulis huruf-huruf bahasa Arab yang dituangkan dalam bentuk lukisan indah, biasanya berisi kalimat-kalimat Allah dalam Alquran.

3. Babad
Adalah buku sejarah yang biasanya perpaduan antara fakta dan mitos. Istilah "babad" dikenal di Jawa, misalnya Babad Tanah Jawi, Babad Pati, Babad Cirebon, Babad Surakarta, Babad Mataram dan lain sebagainya. Di Melayu, babad biasanya dikenal dengan salasilah atua tambo.

4. Suluk
Adalah kitab yang berisi tentang ketuhanan, tasawuf, spiritual, bahkan hingga ilmu kebatinan. Contoh yang paling terkenal dan legendaris adalah Suluk Kanjeng Sunan Kalijaga.

5. Syair
Adalah sajak yang terdiri dari empat baris setiap bait, jenis karya sastra yang bisa berbentuk sejarah, pengetahuan dan sebagainya. Contohnya syair yang tertulis di batu nisan makam Putri Pasai, Minye Tujoh.

6. Primbon
Adalah karya sastra yang berisi ramalan masa depan, perjodohan, pekerjaan, watak, karakter dan sifat seseorang. Karya sastra ini lebih dekat dengan tradisi Jawa.

7. Huruf Arab Jawa dan Melayu
Adalah karya sastra bertuliskan bahasa Arab, tetapi jika dieja bunyinya Jawa atau Melayu. Ini yang sering disebut dengan Arab Pegon.

Sejarahnya, berkembangnya huruf Arab Pegon digunakan untuk mengelabuhi penjajah dalam rangka menyampaikan pesan rahasia maupun misi penyebaran agama Islam.

Itulah jawaban dari pertanyaan: Jelaskan pengaruh kebudayaan Islam dibidang aksara dan sastra terutama yang berkembang di masyarakat Melayu dan Jawa! Semoga barmanfaat. (*)

0 Response to "7 Pengaruh Kebudayaan Islam Dibidang Aksara dan Sastra, Terutama di Melayu dan Jawa"

Post a Comment