About

Islam Cendekia adalah situs berbahasa Indonesia yang memberikan informasi seputar Islam dan keindonesiaan. Kata "Islam" berarti segala hal yang berkaitan dengan agama Islam, sedangkan "cendekia" memiliki arti yang berkaitan dengan kajian keilmuan yang bersifat akademis.

Dengan demikian, Islam Cendekia adalah situs yang menjadi informasi dan studi Islam di Indonesia. Selain menjadi referensi utama studi Islam, Islam Cendekia hadir sebagai media informasi umum yang terwadahi dalam rubrikasi Berita dan Info.

Islam Cendekia hadir terinspirasi dari kata "Google Scholar" yang apabila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi "Google Cendekia".

Google Cendekia berbeda dengan Google Penelusuran, yaitu menyediakan referensi-referensi yang bersifat akademis. Berawal dari sini, Islam Cendekia muncul sebagai situs yang menyediakan informasi dan referensi Islam yang lebih bersifat akademis.

Visi Islam Cendekia
Islam Cendekia memiliki visi menjadi pusat informasi dan referensi tepercaya seputar  Islam yang berbasis di Indonesia, sekaligus mencerdaskan umat muslim di Indonesia melalui tulisan-tulisan, artikel, opini, serta ragam informasi keislaman dan keindonesiaan yang "menyegarkan."

Ke depan, Islam Cendekia akan mengubah wajahnya menjadi "Wikipedia"-nya siapapun yang ingin menelusuri tentang referensi studi Islam.

Misi Islam Cendekia
Islam Cendekia saat ini memiliki misi mempublikasikan tulisan-tulisan tentang Islam secara keseluruhan. Selain kata "Islam" yang menjadi kata kunci dalam misi Islam Cendekia, Islam Cendekia juga mewadahi bagi tulisan-tulisan lain yang bersifat "kebangsaan" dan "keindonesiaan", serta ragam berita atau informasi faktual untuk masyarakat Indonesia.

Karakter Islam Cendekia
Islam Cendekia memiliki karakter "terbuka". Dengan karakter terbuka, setiap referensi yang terkait Islam akan dipublikasikan, terlepas dari Islam mazhab apa pun.

Oleh karena itu, dengan karakter "Islam untuk Semua", setiap orang berhak berpartisipasi mencerdaskan Indonesia dengan wawasan keislaman melalui tulisan, berita dan informasi Islam berkualitas.

Seiring perkembangan teknologi informasi yang terus berkembang, situs kami sedikit memberikan sentuhan publikasi yang bersifat berita (news). Langkah ini untuk menjawab kebutuhan publik akan informasi yang lebih mendalam.

Media Islam Populer
Seperti namanya, Islam Cendekia memilih tagline "Media Islam Populer". Dengan tagline tersebut, Islam Cendekia diharapkan menjadi situs referensi Islam nomor satu di Indonesia yang digemari oleh berbagai kalangan lintas generasi.

Akhirnya, selamat membaca informasi dan referensi Islam di situs ini. Kritik dan saran yang membangun dari Anda selalu kami nantikan untuk perbaikan konten yang lebih baik dan bermutu. Semuanya demi penyajian informasi dan pelayanan yang bermutu untuk Anda.

Salam redaksi,

Islamcendekia.com