Biografi Lengkap Gus Nuril Arifin Husein

0

Profil biografi lengkap Gus Nuril Arifin Husein semakin dicari, baik di Wikipedia, Youtube, media sosial, maupun media-media Islam di Indonesia. Namanya semakin melambung, setelah dirinya memimpin pasukan berani mati saat Gus Dur hendak dilengserkan. Berikut rangkumannya yang dibuat redaksi IslamCendekia.Com.

Nama Gus Nuril juga semakin dikenal publik ketika dirinya getol ceramah lintas agama di gereja-gereja dan tempat ibadah lainnya, seperti vihara, kelenteng, dan tempat ibadah non Islam. Sontak, dakwah Gus Nuril menuai kecaman dari berbagai pihak, termasuk ulama dan kiai sendiri.

Puncaknya, ketika Gus Nuril diminta untuk turun paksa oleh Habib Ali bin Husein Assegaf sebagai Pimpinan Majlis Ta’lim Nurul Habib. Ia diusir lantaran dinilai ceramahnya tentang sejarah Islam, Wahabi, dan Penyebaran Islam di Indonesia berasal dari Cina berlalu provokatif dan tidak sesuai dengan tema.

Namun, pengusiran memalukan sesama pendakwah tersebut berbuah manis bagi Gus Nuril. Sejak peristiwa itu, ia justru semakin dikenal publik. Banyak agenda yang mendatangkan beliau sebagai pendakwah, usai insiden tersebut.

Banyak media Islam yang menulis Gus Nuril dari berbagai sisi. Ada yang mendukung, ada juga yang menghujat, mencemooh, dan menghina. “Kiai ora waras.” Begitu sebutan untuk Gus Nuril.

Gus Nuril Vs FPI
Ia juga dijadikan tokoh yang bersebarangan dengan ormas Front Pembela Islam (FPI). Banyak kalangan dari Islam garis keras yang kemudian berhadapan dengannya.

Hal tersebut disebabkan gaya pemikiran Gus Nuril yang dianggap menyimpang, nyeleneh, dan tidak lumrah. Maka tidak heran jika ulama ini ditentang keras dengan umat Islam seperti FPI.

Sesat, sesat, dan sesat. Sematan ini seolah sudah kenyang bagi Gus Nuril. FPI dan aliran Islam radikal lainnya sepertinya acapkali melontarkan kalimat tersebut.

Biografi Profil Biodata Lengkap Gus Nuril Arifin Husein

Profil dan biodata
Nama lengkap: DR Nuril Arifin Husein, MBA
Tempat, Tanggal Lahir: Ujungpangkah Kulon, Gresik, 12 Juli 1959
Agama: Islam Sufi
Pandangan Islam: Pluralisme Rahmatan Lil Alamin
Aktivitas rutin: Dakwah, ceramah, tabligh, maulid nabi, berzanji, diba
Motto/semboyan: Pencinta Gus Dur sampai akhir. Pencinta Wali, Pengharap Syafaat Nabi.
Pendidikan: SMA Sultan Agung (1978) dan APPD (1983)
Pondok/Lembaga: Pesantren Sokotunggal
Tempat tinggal/domisili sekarang: Jakarta dan Jalan Sendang Guwo Raya Pesantren, Semarang Timur, Jawa Tengah, Indonesia
Nomor Telepon/HP Gus Nuril: 081-824-9033
Alamat email: gusnuril@gmail.com

SIMAK: Ini 5 Rahasia Ajaran Kanjeng Sunan Kalijogo untuk Kamu yang Mengaku Penggemarnya

Demikian profil, biodata, dan biografi lengkap Gus Nuril Arifin Husein sebagai pimpinan Pondok Pesantren Sokotunggal yang acapkali dicap sesat, dihadap-hadapkan dengan FPI, dan dicari hingga ke Wikipedia.

Tulis Komentar

Alamat email anda dirahasiakan