Di STAINU Temanggung, Duta Mahasiswa Promosikan Islam yang Ramah & Pancasilais

0
Duta Mahasiswa Islam STAINU Temanggung



TEMANGGUNG, Islamcendekia.com – Pemilihan Duta Mahasiswa STAINU Temanggung tahun 2018 yang diikuti puluhan mahasiswa, Sabtu (21/4), akhirnya menetapkan enam orang untuk maju ke babak final.

Pemilihan Duta Mahasiswa STAINU Temanggung tersebut digelar dalam rangka Dies Natalis STAINU Temanggung ke-48 yang sudah melalui tahap seleksi ketat.

Koordinator Duta Mahasiswa STAINU Temanggung Yeni Ervina menjelaskan, dalam pemilihan tersebut ada tiga model dan tahapan pemilihan.

Pertama, pendaftaran teknis syarat administratif. Dari aspek pendidikan-pengajaran dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), foto, hasil studi dan IPK.

“Kemudian juga syarat bidang penelitian dengan bukti karya ilmiah atau tulisan di media dan aspek pengabdian masyarakat dengan bukti sertifikat, SK kepengurusan atau keaktifan di dalam dan luar kampus,” ujar Yeni.

Kedua, seleksi internal panitia untuk menetukan finalis dan ketiga, presentasi yang diikuti enam finalis. Mereka berasal dari berbagai program studi (prodi) yang sudah didaulat untuk maju ke babak final.

Dalam presentasi, finalis diberi pertanyaan tentang tiga hal, yakni mulai dari aspek kemahasiswaan, organisasi, aspek bahasa dan attitude, serta aspek akademik atau wawasan mahasiswa tentang pandangan Islam, nasionalisme, kebhinekaan dan ke-NU-an.

Adapun para panelis, di antaranya Wisudawan Terbaik STAINU Temanggung 2018 Kholilurrohman, Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Khamim Saifuddin dan Ketua Lembaga Bahasa Asing (LBA) STAINU Temanggung Effi Wahyuningsih.

Menurutnya, Duta Mahasiswa merupakan perwakilan mahasiswa dan mahasiswi yang memiliki keunggulan plus, seperti bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, sampai pada promosi budaya lokal, serta ikon mahasiswa yang punya keunggulan Bahasa Jawa, Indonesia, Arab dan Inggris.

Tugas mereka adalah menjadi brand mahasiwa STAINU Temanggung untuk ajang promosi di bidang akademik, bahasa dan budaya lokal di Jawa Tengah.

Pada puncak acara Dies Natalis, mereka diberi selempang, sertifikat dan Piala Ketua STAINU Temanggung.

Dalam kesempatan itu, Khamim salah satu panelis menegaskan, salah satu tugas Duta Mahasiswa adalah mengampanyekan Islam Nusantara sebagai tipologi Islam di Indonesia.

Karena itu, mahasiswa yang dinobatkan sebagai juara harus bisa menjadi ikon promosi Islam yang ramah, toleran, nasionalis, pancasilais dan mampu membentengi Islam, ulama, NU dan NKRI dari radikalisme.

Sementara Presiden BEM STAINU Temanggung Yasin menambahkan, pemilihan Duta Mahasiswa menjadi bagian dari rangkaian Dies Natalies. Selain itu, ada juga lomba di bidang olahraga, festival rebana, pameran, dan seminar literasi,” pungkasnya. (*/DUL)

Tulis Komentar

Alamat email anda dirahasiakan