4 Faktor Penyebab Kerajaan Majapahit Bisa Mencapai Puncak Kejayaan

0

Jelaskan faktor penyebab kerajaan Majapahit bisa mencapai puncak kejayaan?

Jawab
1. Memiliki pemimpin yang disegani dunia dengan sumpah hamukti palapa yang dilakukan Mahapatih Gajah Mada
2. Sistem birokrasi pemerintahan yang teratur
3. Memiliki kekuatan militer yang sangat kuat
4. Sudah ada kemajuan di bidang perdagangan dan kebudayaan

Penjelasan
1. Gajah Mada adalah pemimpin Majapahit yang disegani oleh dunia, bahkan kekaisaran Tiongkok. Dia menjabat sebagai mahapatih, artinya sebagai kepala pemerintahan. Sedangkan Hayam Wuruk sebagai maharaja sebagai kepala negara.

Gajah Mada sangat tegas dan kuat dalam menyatukan negara-negara bawahan Majapahit di Nusantara. Pada masa ini, Majapahit menjadi salah satu negara yang ditakuti dan disegani oleh seluruh negara di dunia, termasuk Kekaisaran Tiongkok yang waktu itu juga menjadi negara adidaya di dunia.

Salah satu kunci suatu negara maju, kuat dan kokoh dipengaruhi oleh kepemimpinan seorang presiden, raja atau kepala pemerintahan, sehingga Majapahit perlahan mengalami kemunduran sepeninggal Gajah Mada.

2. Pemerintahan Majapahit sudah memiliki sistem birokrasi yang teratur, rapi dan terstruktur, bahkan modern. Dari catatan islamcendekia.com dikutip dari buku Sabdo Palon karangan Damar Shashangka, pemerintahan Majapahit ada yang namanya rakryan mahamantri adalah jabatan tinggi yang memiliki kedekatan dengan raja dan menjadi saluran resmi untuk titah sang raja.

Rakryan mahamantri katrini terdiri rakryan mahamantri hino, rakryan mahamantri sirikan dan rakryan mahamantri halu. Selain itu, ada juga jabatan Sang Panca Ring Wilwatikta.

Jabatan Sang Panca Ring Wilwatikta adalah jabatan tinggi yang memiliki kewenangan untuk menjalankan roda pemerintahan.

3. Kerajaan Majapahit sadar bahwa kekuatan militer sangat penting untuk menopang sistem pemerintahan yang hebat. Karena itu, angkatan perang Majapahit sangat terkenal akan kekuatannya, ditakuti dan disegani dunia.

4. Perdagangan di Majapahit sangat maju melalui bidang matirim atau laut. Bangsa-bangsa internasional kerap menjalin hubungan kerjasama dengan Majapahit melalui jalur maritim.

Selain dagang sebagai penopang ekonomi, kebudayaan di Majapahit yang saat itu beragama Hindu (Siwa) dan Buddha memiliki toleransi yang sangat tinggi. Kesadaran akan kebudayaan juga sangat tinggi sehingga mendukung kemakmuran dan kesejahteraan negara.

Jadi, itulah jawaban faktor penyebab kerajaan Majapahit bisa mencapai puncak kejayaan. Semoga bermanfaat bagi Anda. (*)

Tulis Komentar

Alamat email anda dirahasiakan