Doa Rihul Ahmar untuk Mencegah Stroke dan Angin Duduk, Latin + Terjemahan

0

Doa rihul ahmar untuk mencegah stroke dan angin duduk lengkap dengan tulisan bahasa Arab, latin, makna dan arti terjemahannya adalah sebagai berikut:

اللهم إني أعوذبك من الريح الأحمر والدم الأسود والداء الأكبر

Latin: “Allahumma inni a’uzubika minarrihil ahmar, waddamil aswad, waddail akbar.”

Arti terjemahannya: “Ya Allah, Tuhanku. Lindungilah aku dari angin merah dan darah hitam (penyakit stroke), serta dari penyakit berat.”

Manfaat bacaan doa rihul ahmar
Doa ini dipercaya dapat menghindarkan diri dari penyakit stroke dan angin duduk yang seringkali mematikan seseorang hanya dalam hitungan menit secara mendadak.

Kita tentu seringkali mendengar orang yang mendadak meninggal dunia, meski sebelumnya tidak memiliki penyakit kronis. Misalnya habis olahraga langsung meninggal karena serangan jantung.

Tiba-tiba orang meninggal dunia, karena terlalu kelelahan dan terkena angin duduk. Bahkan, orang yang mendadak terkena stroke sehingga tiba-tiba lumpuh.

Bacaan doa rihul ahmar ini diyakini dan dipercaya umat Muslim dapat menghindarkan diri dari penyakit mendadak yang mematikan seperti angin duduk, termasuk stroke dan serangan jantung. Tanpa menelaah lebih dalam apakah bacaan doa rihul ahmar ada ajarannya dalam Alquran dan hadits atau tidak, doa ini nyata-nyata banyak diamalkan orang.

Informasi yang beredar menyatakan, bacaan doa rihul ahmar bisa dibaca sekali dalam seumur hidup. Hikmahnya dapat mencegah angin duduk, stroke dan serangan jantung.

Sejarah dan kisah bacaan doa rihul ahmar
Dalam cerita yang beredar, Nabi Sulaiman AS pernah didatangi angin yang terlihat aneh. Maka Nabi Sulaiman bertanya: “Siapa kamu?”

Angin menjawab, “Aku angin rihul ahmar.” Jika memasuki rongga anak Adam, maka (dia) akan lumpuh dan keluar darah dari rongga. Dan jika aku memasuki otak anak Adam, dia akan menjadi gila.”

Lantas diperintahkan oleh Nabi Sulaiman agar membakar angin itu. Namun, angin rihul ahmar berkata kepada Nabi:

“Aku kekal sampai hari kiamat. Tidak ada yang bisa membinasakanku, kecuali Allah.” Setelah berbicara seperti itu, angin merah itupun menghilang.

Dikutip islamcendekia.com dari berbagai sumber, cucu nabi Muhammad SAW juga pernah terkena angin rihul ahmar sehingga keluar dari dari rongga hidungnya.

Malaikat Jibril datang dan mengajarkan bacaan doa rihul ahmar kepada Nabi Muhammad SAW. Setelah doa tersebut dibaca, maka cucu Nabi pun sembuh dari penyakit angin rihul ahmar.

Hadits tentang doa rihul ahmar shahih atau tidak
Sejumlah kalangan memang mempertanyakan keabsahan doa ini. Pasalnya, doa tersebut tidak ada dalam Alquran maupun hadits.

Sebagian umat Muslim pun mempertanyakan apakah hadits tentang doa rihul ahmar shahih atau tidak. Hal itu wajar mengingat pegangan syariat dari umat Islam adalah Alquran dan hadits.

Namun, redaksi islamcendekia.com menyarankan kepada Anda untuk lebih bijak dalam menyikapi persoalan ini. Selama doa ini memiliki arti dan makna yang baik, tidak masalah. Niatkan dalam hati untuk benar-benar meminta pertolongan kepada Allah.

Selain itu, ikhtiar fisik juga perlu dilakukan. Bagaimana caranya? Jangan lupa olahraga teratur, minum air putih yang cukup, perbanyak makan buah dan sayur-sayuran, serta istirahat yang cukup.

Kenapa? Sebab angin duduk, stroke dan serangan jantung biasanya menimpa orang-orang yang terlalu capek hingga melebihi kapasitas badan dan aliran darah tersumbat. Dengan cara ikhtiar jaga kesehatan dan doa, insyaAllah Anda akan terhindar dari serangan jantung, angin duduk dan penyakit stroke. Semoga bermanfaat. (*)

Tulis Komentar

Alamat email anda dirahasiakan