Yuk! Wisata Religi di Makam Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)

  • Whatsapp
Makam Sunan Gresik Maulana Malik Ibrahim
Makam Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim) yang lama menjadi destinasi wisata religi di Jawa Timur.

Makam Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim) terletak di Desa Gapurosukolilo, Gresik, Jawa Timur. Setiap hari, makam ini ramai dikunjungi peziarah dan menjadi salah satu destinasi wisata religi pilihan di Jawa Timur.

Sunan Gresik berasal dari Persia (sekarang Iran) dan wafat pada tanggal 7 April 1419. Wafat dimana? Wafat di Gresik karena sakit keras dan sempat berdakwah serta memiliki banyak pengikut (santri) di kawasan tersebut.

Read More

Versi lain menyebutkan, Syekh Maulana Malik Ibrahim berasal dari Samarqand (sekarang Uzbekistan). Namun agaknya yang lebih mendekati fakta bahwa Sunan Gresik adalah berasal dari Persia.

Dia berangkat ke Tanah Jawa atas perintah Sultan Turki Utsmaniyah, Muhammad Jalabi. Secara silsilah, Sunan Gresik adalah adik kandung Syekh Jumadil Kubro.

Sunan Gresik berdakwah di daerah Majapahit yang bernama Gresik. Dulu, wilayah ini menjadi salah satu pelabuhan internasional pada zaman Majapahit.

Dengan demikian, wilayah pelabuhan Gresik pada zaman Majapahit menjadi pusat perputaran ekonomi dan pusat pertemuan warga dari berbagai belahan dunia, dari China, Champa, Timur Tengah (Arab), orang-orang Eropa, India dan lain sebagainya.

Wisata religi
Saat ini, makam Sunan Gresik menjadi destinasi wisata religi yang ramai dikunjungi pengunjung maupun peziarah dari berbagai daerah. Mereka ada yang datang dengan rombongan menggunakan bus travel.

Makam Sunan Gresik biasanya menjadi salah satu destinasi tujuan tour Walisongo dari Jawa Timur bersama Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Drajat, Sunan Bonang, Jawa Tengah bersama Kanjeng Sunan Kalijaga, Sunan Muria, Sunan Kudus dan Jawa Barat bersama Sunan Gunung Jati, Cirebon.

Namun demikian, banyak pula di antara pengunjung yang datang berziarah dari komunitas, keluarga maupun pribadi. Tidak sedikit dari mereka yang berharap akan berkah dari Sang Wali.

Ada yang datang untuk sekadar berwisata religi, menenangkan pikir atau bahkan napak tilas jejak para wali di Tanah Jawa yang berperan penting dalam penyebaran agama Islam. Di antara tokoh Walisongo, Sunan Gresik adalah sosok yang paling sepuh.

Tidak ada harga tiket masuk (HTM) untuk berkunjung di Makam Sunan Gresik. Peziarah cukup bayar biaya parkir Rp 5.000 untuk mobil dan mungkin sampai Rp 25.000 untuk parkir bus. Untuk parkir sepeda motor, Rp 2.000 sampai Rp 3.000 sudah cukup.

Tetapi itu tergantung keikhlasan pengunjung pula. Banyak tempat kotak amal yang disediakan untuk pembangunan serta perawatan kompleks makam.

Jadi, makam Sunan Gresik meski menjadi objek wisata religi yang ramai dikunjungi setiap hari, tetapi tidak ada tiket masuk. Hal itu juga berlaku untuk makam-makam Walisongo lainnya.

Gimana, tertarik berziarah di makam Sunan Gresik? Yuk segera agendakan spiritual-traveling ke sana!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *